10 Hal Penting Tentang John F. Kennedy

John F. Kennedy, atau JFK, lahir pada tanggal 29 Mei 1917. Dia adalah presiden pertama yang lahir di abad ke-20. Dia terpilih sebagai presiden ke-35 AS pada tahun 1960 dan mulai menjabat pada tanggal 20 Januari 1961. Berikut ini adalah sepuluh fakta kunci yang penting untuk dipahami ketika mempelajari kehidupan presiden John F. Kennedy.

Foto John F. Kennedy

 

1. Keluarga terkenal

Ayah John F. Kennedy, Joseph Kennedy, sangat kaya dan berkuasa. Franklin D. Roosevelt menunjuknya menjadi kepala US Securities and Exchange Commission (SEC). Dia ditunjuk menjadi duta besar untuk Inggris pada tahun 1938. JFK adalah salah satu dari sembilan anaknya. Dia menunjuk saudaranya, Robert, sebagai Jaksa Agung. Ketika Robert mencalonkan diri sebagai presiden pada tahun 1968, dia dibunuh oleh Sirhan Sirhan. Saudaranya, Edward “Ted” Kennedy adalah Senator dari Massachusetts dari tahun 1962 sampai ia meninggal dunia pada tahun 2009. Saudara perempuannya, Eunice Kennedy Shriver, adalah pendiri Olimpiade Khusus.

2. Sakit-sakitan semasa kecil

John F. Kennedy memiliki kesehatan yang buruk saat masih anak-anak. Saat dia tumbuh dewasa, JFK didiagnosis menderita penyakit Addison yang berarti tubuhnya tidak bisa menghasilkan cukup kortisol sehingga ia akan menderita kelemahan otot, depresi, kulit kecokelatan, dan banyak lagi. Dia juga menderita osteoporosis dan gangguan punggung sepanjang hidupnya.

3. Jacqueline Lee Bouvier, ibu negara yang modis

Jacqueline “Jackie” Lee Bouvier lahir dari keluarga kaya. Dia mengenyam pendidikan di Vassar dan George Washington University sebelum lulus dengan gelar di bidang Sastra Perancis. Dia bekerja sebagai wartawan sebelum menikah dengan Kennedy. Dia dikenal sebagai ibu negara yang modis. Dia membantu mengembalikan banyak item asli bermakna sejarah ke Gedung Putih. Dia menunjukkan renovasi publik melalui tur televisi.

4. Pahlawan perang Dunia II

Kennedy bergabung dengan angkatan laut dalam Perang Dunia II. Ia bertugas di perahu yang disebut PT-109 di Pasifik. Perahunya ditabrak oleh sebuah kapal perusak Jepang. Dia dan krunya terlempar ke dalam air. Ia berenang dengan keras selama empat jam ke pesisir sambil menyelamatkan seorang kru lainnya di saat yang sama. Atas jasanya ini, ia menerima Purple Heart dan Angkatan Laut dan Korps Marinir.

5. Wakil rakyat dan senator yang independen

Kennedy memenangkan kursi di dewan perwakilan rakyat pada tahun 1947 di mana ia menjabat selama tiga periode. Dia terpilih menjadi anggota Senat AS pada tahun 1953. Dia dipandang sebagai seseorang yang tidak selalu mengikuti garis Partai Demokrat. Para kritikus marah padanya karena tidak sejalan dengan Senator Joe McCarthy.

6. Memenangkan Pulitzer Prize sebagai penulis

Kennedy memenangkan Hadiah Pulitzer atas bukunya Profiles in Courage. Buku ini menyorot keputusan delapan senator AS yang bersedia melawan opini publik untuk melakukan apa yang benar.

7. Presiden Katolik pertama

Ketika Kennedy mencalonkan diri menjadi presiden pada tahun 1960, salah satu isu kampanye yang merebak adalah soal agamanya. Dia secara terbuka membahas agamanya dan menjelaskannya. Dia berkata, “Saya bukan calon Presiden Katolik, saya adalah calon Presiden Partai Demokrat yang kebetulan seorang Katolik.”

8. Cita-cita Presiden yang ambisius

Cita-cita presiden Kennedy cukup ambisius. Gabungan kebijakan dalam dan luar negerinya dikenal dengan istilah “New Frontier.” Dia ingin mendanai pendidikan, perumahan, perawatan kesehatan untuk orang tua, dan banyak lagi. Saat dia mampu melewati Kongres, mereka juga menyetujui peningkatan upah minimum, tunjangan jaminan sosial, dan program peremajaan kota. Selain itu, Korps Perdamaian juga dibuat. Akhirnya, ia menetapkan cita-cita untuk mendaratkan orang Amerika di bulan pada akhir tahun 1960-an. Dalam hal Hak Sipil, Kennedy menggunakan perintah eksekutif dan banding pribadi untuk membantu gerakan hak-hak sipil. Dia juga mengusulkan program legislatif untuk membantunya, tetapi tidak disetujui sampai setelah kematiannya.

9. Krisis rudal Kuba dan Vietnam

Pada tahun 1959, Fidel Castro menggunakan kekuatan militer untuk menggulingkan Fulgencio Batista dan memerintah Kuba. Dia memiliki hubungan dekat dengan Uni Soviet. Kennedy menyetujui sekelompok kecil warga Kuba di pengasingan untuk pergi ke Kuba dan mencoba memimpin pemberontakan dalam apa yang disebut Invasi Teluk Babi. Namun, mereka ditangkap dan itu merugikan reputasi Amerika Serikat. Segera setelah misi ini gagal, Uni Soviet mulai membangun basis rudal nuklir di Kuba untuk melindunginya dari serangan di masa depan. Menanggapi ini, Kennedy mengkarantina Kuba, memperingatkan bahwa serangan terhadap AS dari Kuba akan dilihat sebagai tindakan perang oleh Uni Soviet. Kebuntuan yang dihasilkan dikenal sebagai Krisis Misil Kuba.

10. Dibunuh pada bulan November, 1963

Pada tanggal 22 November 1963, Kennedy dibunuh saat berada dalam iring-iringan mobil melalui Dallas, Texas. Lee Harvey Oswald, sang penembak, berada di bangunan Texas Book Depository dan melarikan diri dari TKP. Dia kemudian tertangkap di bioskop dan dibawa ke penjara. Dua hari kemudian, ia ditembak dan dibunuh oleh Jack Ruby sebelum bisa diadili. Komisi Warren menyelidiki pembunuhan itu dan menetapkan bahwa Oswald bertindak sendirian. Namun, penentuan ini masih menyebabkan kontroversi sampai hari ini karena banyak orang berpikir bahwa ada lebih banyak orang yang terlibat dalam pembunuhan itu.

Komentar Anda