Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 26 Juli

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 26 Juli:

Kilas Balik Juli

1965: Kepulauan Maladewa, bekas protektorat Inggris di Samudera Hindia, memperoleh kemerdekaan.

1956: Presiden Mesir Gamal Abdel Nasser memicu Krisis Suez dengan menasionalisasi Terusan Suez 12 tahun sebelum kontrak 99 tahun berakhir.

1953: Fidel Castro memimpin serangan terhadap barak militer Moncada di Kuba; meskipun tindakan pemberontak ini gagal, itu membawa perhatian nasional terhadap Castro.

1952: Eva Perón (Evita), istri presiden Argentina Juan Perón dan idola politik di Argentina, meninggal pada usia 33 tahun; seluruh bangsa berkabung.

1945: Pertemuan pemimpin Sekutu di Potsdam di minggu-minggu terakhir Perang Dunia II mengeluarkan ultimatum menuntut penyerahan Jepang tanpa syarat; mereka tidak secara khusus menyebutkan bahwa mereka siap menggunakan bom atom terhadap Jepang, yang memutuskan untuk melanjutkan peperangan.

1945: Clement Attlee menggantikan Winston Churchill sebagai perdana menteri Inggris menyusul kemenangan telak Partai Buruh dalam pemilihan umum; orang yang telah memimpin Inggris selama tahun-tahun terburuk Perang Dunia II itu mengatakan, “Itulah demokrasi. Itulah yang telah kita perjuangkan.”

1847: Liberia, yang telah dihuni oleh orang kulit hitam Amerika bebas (bukan budak) sejak tahun 1822 (di bawah naungan American Colonization Society dan pemerintah AS), memperoleh kemerdekaan; negara ini adalah republik kulit hitam pertama di Afrika.

1775: Benjamin Franklin diangkat pertama postmaster umum oleh Kongres Kontinental, langkah pertama menuju penciptaan layanan pos AS.

1758: Pasukan Inggris di bawah Jeffrey Amherst merebut benteng pertahanan Prancis di Louisbourg (Nova Scotia) selama Perang Perancis dan Indian.

Komentar Anda