Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 25 Juli

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 25 Juli:

Kilas Balik Juli

2000: Tak lama setelah lepas landas dari bandara Charles de Gaulle di dekat Paris, dua mesin sebelah kiri Air France Concorde meledak, dan pesawat jatuh; semua penumpang dan awak tewas, ditambah beberapa penghuni hotel kecil yang terkena dampak kecelakaan.

1997: K. R. Narayanan menjadi Dalit (orang dari kalangan bawah India) pertama yang terpilih sebagai presiden India.

1994: Yitzhak Rabin dari Israel dan Raja Hussein I dari Yordania menandatangani perjanjian damai yang mengakhiri perang 46 tahun antara negara mereka.

1978: Louise Brown, bayi tabung pertama di dunia, lahir.

1957: Monarki Tunisia dihapuskan, dan Habib Bourguiba diproklamasikan menjadi presiden Tunisia.

1956: Kapal laut Italia, Andrea Doria, tenggelam di lepas pantai Massachusetts setelah bertabrakan dalam kabut dengan kapal Swedia, Stockholm; 52 nyawa hilang.

1952: Puerto Rico menjadi persemakmuran Amerika Serikat dengan pemerintahan sendiri.

1943: Benito Mussolini digulingkan, dan Pietro Badoglio diangkat menjadi perdana menteri pemerintah Italia yang segera menggugat perdamaian dengan Sekutu selama Perang Dunia II; di akhir tahun, Jerman mengembalikan Mussolini sebagai kepala pemerintahan boneka di Italia utara.

1909: Louis Blériot membuat penerbangan perintisnya melintasi Selat Inggris sejauh 39.7 km; ia menerbangkan traktor monoplane No. XI yang merupakan hasil desainnya sendiri.

1261: Imperium Latin Konstantinopel, yang didirikan oleh Perang Salib Keempat tahun 1204, berakhir ketika Michael VIII merebut kembali kota itu dan mengembalikan Kekaisaran Bizantium.

Komentar Anda