Apa Arti Bendera Negara Portugal?

Bendera nasional Portugal memiliki desain rumit yang indah dan penuh makna. Warna dan simbol pada bendera itu dirancang untuk mencerminkan sejarah dan kemajuan bangsa itu sendiri. Lalu apa makna dari desain dan warna-warna bendera Portugal itu?

Gambar bendera Portugal

Latar belakang bendera Portugal adalah dua perlima hijau dan tiga perlima merah, dengan hijau berada di sisi kiri dan merah di sisi kanan. Lambang negara Portugal berada di tengah tepat di garis antara dua warna. Simbol ini terdiri atas lima perisai biru dalam bentuk salib, dikelilingi oleh tujuh kastil, dan dikurung dalam sebuah cincin emas.

Arti sesungguhnya dari warna-warna pada bendera itu agak diperdebatkan, tapi warna hijau umumnya ditafsirkan mewakili harapan. Warna merah memberi penghormatan pada pengorbanan tentara Portugal, khususnya mereka yang tewas selama revolusi 1910. Lingkaran emas yang membungkus perisai adalah penghormatan kepada penemuan Portugal oleh Pangeran Henry sang Navigator, dan kastil adalah simbol ekspansi bangsa. Lambang perisai biru dan penempatannya mewakili pembentukan republik Portugal melalui agama Kristen dan kemenangan Count Alfonso Henriques, kemudian Raja Alfonso I, atas bangsa Moor.

Simbol lima perisai biru pada awalnya diadopsi oleh Count Alfonso Henriques setelah ia mengalahkan lima raja Moor di tahun 1139. Simbol ini pertama kali digunakan pada bendera ketika Portugal menjadi republik pada tahun 1910, tetapi tidak menjadi bendera resmi negara sampai tahun 1911. Dibuangnya warna monarki biru dan putih melambangkan perubahan arah bangsa.

Komentar Anda