10 Langkah Menggunakan Find My iPhone

Tak seorangpun ingin handset kesayangannya hilang dicuri. Namun bila iPhone, iPod touch, atau iPad Anda telah dicuri, ada kemungkinan Anda bisa menemukannya kembali. Syaratnya, sebelum smartphone itu hilang, Anda sudah pernah menginstal Find My iPhone. Anda mungkin bisa mendapatkannya kembali, atau setidaknya mencegah pencuri mengakses data-data pribadi Anda. Untuk melakukannya, ikutilah instruksi di bawah ini.

Gambar Find My iPhone
credit image: engadget.com

1. Seperti disebutkan di atas, cara ini akan berhasil jika Anda telah memasang Find My iPhone pada perangkat sebelum dicuri. Jika Anda sudah melakukannya, buka icloud di browser web (ada juga aplikasi Find My iPhone) yang dapat diinstal pada perangkat iOS lain untuk melacaknya. Untuk cara ini, Anda tidak perlu aplikasi itu, sebab ini adalah cara khusus menggunakan tool berbasis web.

2. Loginlah menggunakan akun yang Anda gunakan saat membuat Find My iPhone. Atau cobalah login dengan menggunakan ID Apple atau akun iTunes.

3. Ketika Anda login, Find My iPhone akan segera mulai berusaha untuk mencari lokasi perangkat Anda. Anda akan melihat pesan pada layar saat alat ini bekerja. Jika perangkat dimatikan, peta akan menampilkan lokasi terakhir smartphone berada, yang belum tentu sama dengan lokasinya berada saat ini. Ketika diaktifkan kembali, peta akan mengupdatenya.

4. Jika perangkat Anda ditemukan, alat ini akan memperbesar peta dan menunjukkan lokasi perangkat Anda menggunakan titik hijau. Ketika ini terjadi, Anda dapat memperbesar atau memperkecil peta, lalu memeriksanya di peta, satelit, dan mode hybrid, seperti di Google Maps.

5. Bila perangkat sudah ditemukan, jendela akan muncul di atas titik hijau (jika menghilang karena Anda mengklik tempat lain pada halaman itu, klik lagi titik hijau itu untuk mendapatkannya kembali). Klik jendela dan Anda akan melihat berbagai pilihan yang tersedia.

6. Opsi pertama adalah untuk membuatnya bersuara. Mengirim suara ke perangkat adalah cara terbaik ketika Anda berpikir smartphone itu jatuh di rumah atau kantor. Cara ini juga dapat membantu jika Anda tahu di mana perangkat mungkin berada, tapi seseorang menyembunyikannya. Untuk melakukannya, klik Play Sound (Mainkan Suara).

7. Anda juga dapat mengklik tombol Mode Hilang (Mode Hilang). Cara ini akan memungkinkan Anda untuk mengunci layar perangkat dari jarak jauh dan menguncinya dengan kode akses (meski sebelumnya Anda tidak pernah menggunakan kode sandi) yang akan mencegah pencuri mengakses data-data pribadi Anda.

8. Untuk melakukannya, klik tombol Lost Mode dan masukkan 4 digit kode kunci yang ingin Anda gunakan sebanyak dua kali. Anda kemudian dapat juga memasukkan nomor telepon agar orang yang memegang/mengetahui perangkat Anda dapat menghubungi Anda (ini adalah opsional, Anda mungkin juga tidak ingin ada yang tahu bahwa smartphone Anda telah dicuri). Anda juga bisa menulis pesan yang akan muncul pada layar perangkat (opsional). Bila sudah siap, klik Done dan perangkat Anda sekarang tidak bisa diakses pencuri kecuali mereka tahu kode rahasia Anda.

9. Untuk keamanan ganda, Anda juga dapat menghapus semua data di dalam perangkat dari jarak jauh. Untuk melakukannya, klik tombol Erase. Di sana, Anda akan melihat peringatan (pada dasarnya, jangan lakukan ini kecuali Anda benar-benar yakin ingin melakukannya). Klik kotak yang menyatakan Anda memahami apa yang Anda lakukan dan klik tombol Erase. Ini akan menghapus semua data, mencegah pencuri mengaksesnya.

10. Jika Anda mendapatkan kembali perangkat itu, Anda dapat mengembalikan data-data yang hilang dari backup. Jika Anda mengira perangkat sedang bergerak, klik ikon target pada sudut kiri atas layar untuk merefresh dan mendapatkan update lokasi perangkat Anda. Jika Anda memiliki lebih dari satu perangkat yang terkonfigurasi untuk menggunakan Find My iPhone dengan akun ini, Anda akan melihat menu Devices di sudut kiri atas. Klik itu untuk melihat daftar semua perangkat tersedia yang dapat ditemukan.

One thought on “10 Langkah Menggunakan Find My iPhone

  • 10/24/2015 at 12:41 am
    Permalink

    kok ga bisa balik ke home?

    Reply

Komentar Anda