Profil Lengkap Negara Latvia

Latvia adalah salah satu dari negara-negara Baltik, istilah yang sering digunakan untuk mengacu pada tiga negara Eropa bertetangga yang terletak di pantai timur Laut Baltik di Eropa timur laut. Negara-negara Baltik lainnya adalah Lithuania di selatan Latvia, dan Estonia di utaranya. Di sebelah timur, Latvia berbatasan dengan Federasi Rusia dan Belarus.

Gambar Negara Latvia

Dalam sebagian besar sejarah panjang mereka, Latvia diperintah oleh bangsa yang lebih kuat -Jerman, Polandia, Swedia, Rusia, dan Uni Soviet. Latvia pertama memproklamasikan kemerdekaannya pada tahun 1918, setelah Kekaisaran Rusia digulingkan. Tapi pada tahun 1940 negara ini dianeksasi oleh Uni Soviet. Latvia kembali memerdekakan diri saat Uni Soviet pecah pada tahun 1991.

Dari banyak orang Baltik yang dulu persebarannya luas sekali, hanya orang Latvia dan Lithuania yang bertahan hingga masa modern. Bahasa Latvia mirip dengan bahasa Lithuania. Estonia secara geografis dekat, tapi mereka berbicara menggunakan bahasa yang tidak terkait.

Orang Latvia kini membentuk sekitar 59 persen populasi negara itu. Rusia adalah etnis minoritas terbesar. Mereka membentuk sekitar 28 persen populasi. Ada juga sejumlah etnis yang lebih kecil seperti Belarusia, Ukraina, dan Lithuania. Orang Latvia sebelumnya membentuk 75 persen populasi. Penurunan ini disebabkan oleh kebijakan bekas pemerintah Soviet yang mendorong imigrasi orang Rusia dan Slavia lainnya. Rajin, pekerja keras, dan kompetitif, orang Latvia sangat dipengaruhi oleh budaya Jerman selama tujuh abad pemerintahan Jerman.

Kebanyakan orang Latvia tradisional memeluk Gereja Lutheran. Ada sejumlah besar pemeluk Kristen Ortodoks Timur, terutama di kalangan etnis Rusia. Hampir sepertiga orang Latvia memeluk Katolik Roma. Lebih dari 70 persen orang Latvia tinggal di kota. Kota terbesar adalah Riga, ibukota Latvia. Didirikan pada tahun 1201, Riga adalah pelabuhan utama serta pusat industri dan pendidikan. Sekitar setengah penduduk Latvia tinggal di kota dan daerah metropolitannya.

Agama pernah menjadi pengaruh kuat pada kehidupan orang Latvia. Agama kehilangan banyak kekuatan di bawah rezim Komunis Soviet, yang mengecilkan praktek peribadatan. Tapi orang Latvia menemukan kembali agamanya. Orang Latvia, sebagaimana orang Lithuania dan Estonia, memiliki tradisi panjang paduan suara. Kontes menyanyi nasional diselenggarakan secara teratur. Banyak dari lagu-lagu kuno mencapai kembali ke masa pra-Kristen. Festival yang paling populer adalah St. Eve, atau Midsummer, dirayakan pada bulan Juni, menggabungkan elemen pagan dan Kristen.

Seperti negara-negara Baltik lainnya, Latvia memiliki pemandangan datar, yang jarang naik mencapai ketinggian diatas 180 meter. Zaman Es yang menciptakan medan dataran rendah juga mengukir ribuan danau dan sungai. Sungai terpanjang adalah Daugava (Dvina Barat di Rusia). Latvia memiliki empat provinsi yang berbeda, yakni Kurzeme di barat; dataran tengah subur Zemgale; Vidzeme di timur laut; dan Latgale di tenggara. Sekitar 40 persen dari tanah tersebut berhutan. Ada beberapa sumber daya mineral, selain beberapa batu kapur, gipsum, dan tanah liat.

Iklim Latvia tergolong moderat, dengan musim dingin umumnya ringan dan musim panas yang sejuk. Suhu Januari berkisar atara -3 °C di wilayah pesisir sampai -7 °C di pedalaman. Pada bulan Juli suhu bervariasi dari sekitar 17 °C di pantai sampai 18 °C di pedalaman. Curah hujan rata-rata sekitar 660 milimeter per tahun.

Latvia dulunya adalah salah satu provinsi paling berkembang secara ekonomis dari Kekaisaran Rusia. Industrinya terus tumbuh di bawah kekuasaan Soviet. Latvia merdeka mampu menyesuaikan diri dengan kondisi ekonomi baru dengan baik. Sekitar 60 persen dari produk nasional bruto (total nilai barang dan jasa) berasal dari industri. Latvia menghasilkan produk makanan olahan, produk kayu, tekstil, logam olahan, obat-obatan, dan gerbong kereta, di antara barang-barang lainnya. Namun dengan sedikit sumber daya alam sendiri, Latvia harus mengimpor sebagian besar bahan bakar dan bahan baku lainnya. Latvia memiliki sektor pertanian yang efisien. Produksi daging, susu, dan produk susu lainnya sangat penting. Tanaman pertanian utama adalah rye, barley, gandum, kentang dan sayuran lainnya.

Pemerintah Latvia didasarkan pada konstitusi yang diadopsi pada tahun 1922 dan dikembalikan pada tahun 1991. Badan legislatif disebut Saeima (parlemen). 100 anggotanya dipilih untuk masa jabatan 4 tahun. Saeima memilih seorang presiden untuk bertugas sebagai kepala negara untuk jangka waktu 4 tahun. Presiden menunjuk, dan Saeima menegaskan, seorang perdana menteri untuk memimpin pemerintahan.

Komentar Anda