Profil Lengkap Negara Argentina

Argentina, secara resmi dikenal sebagai Republik Argentina, adalah sebuah negara berbahasa Spanyol yang terletak di Amerika Selatan. Argentina terdiri atas 23 provinsi dan merupakan negara terbesar kedelapan di dunia. Negara ini memiliki Indeks Pembangunan Manusia tertinggi dan Produk Domestik Bruto per kapita tertinggi ketiga di Amerika Latin.

Gambar Negara Argentina
Buenos Aires

Argentina pertama kali dieksplorasi oleh Juan Díaz de Solis pada tahun 1516. Secara perlahan, negara ini berkembang di bawah kekuasaan kolonial Spanyol. Pada tahun 1580, Buenos Aires telah dihuni. Sebuah industri ternak yang berkembang telah muncul di awal era 1600-an. Kemerdekaan diproklamasikan oleh orang-orang Argentina pada tahun 1816, setelah mendirikan pemerintahan sendiri pada tahun 1810.

Setelah bersikap netral dalam Perang Dunia I dan sebagian besar Perang Dunia II, Argentina menyatakan perang terhadap Jerman dan Jepang dalam Perang Dunia II tahap akhir. Hal ini membuat Juan Peron diangkat sebagai presiden pada tahun 1946. Istrinya, Eva Peron, juga dikenal sebagai Lady Evita, memberikan kontribusi terhadap kesuksesan kelas pekerja Argentina. Dia mendirikan beberapa organisasi amal untuk membantu warga miskin Argentina.

Setelah kematian Evita pada tahun 1952, Peron memerintah selama tiga tahun lagi sebelum diasingkan oleh kudeta militer bersenjata. Pemilihan umum yang bebas dilakukan pada tahun 1973, yang menyebabkan pengasingan Peron berakhir. Ia memenangkan pemilu dan memerintah selama satu tahun sebelum meninggal dunia di tahun 1974. Argentina kemudian lama dikuasai kediktatoran militer dengan beberapa interval pemerintahan konstitusional singkat.

Pada tahun 2007, senator Cristina Fernández de Kirchner terpilih menjadi presiden perempuan pertama Argentina. Pertumbuhan finansial dan pengurangan inflasi mewarnai pemerintahannya. Dia telah menunjukkan minat dalam meningkatkan hubungan antara Argentina dengan Amerika Serikat serta negara-negara Eropa lainnya.

Secara geografis, Argentina membentang dari samudera Atlantik hingga ke perbatasan Chili. Negara ini juga berbatasan dengan Paraguay dan Bolivia di utara, serta Brasil dan Uruguay di timur. Argentina dibagi menjadi enam wilayah geografis utama: Pampas, Gran Chaco, Mesopotamia, Patagonia, Cuyo, dan Northwest.

Dataran subur di barat dan selatan Buenos Aires dikenal sebagai Pampas. Daerah ini meliputi sebagian besar provinsi Buenos Aires, Cordoba, Santa Fe, dan La Pampa. Wilayah beriklim kering/basah di bagian utara negara ini dikenal sebagai Gran Chaco. Daerah ini digunakan terutama untuk bertanam kapas dan berternak. Mesopotamia adalah nama untuk daerah antara sungai Parana dan sungai Uruguay, sebagian besar datarannya digunakan untuk penggembalaan dan pertanian.

Daerah semi kering hingga kering di provinsi Rio Negro dan Santa Cruz dikenal sebagai Patagonia. Wilayah di barat-tengah Argentina, yang dikenal sebagai Cuyo, didominasi oleh Pegunungan Andes. Wilayah Northwest adalah tempat tertinggi dengan beberapa pegunungan berbeda.

Argentina adalah negara terbesar kedua di Amerika Selatan, dalam hal ukuran dan populasi. Total luas wilayah negara adalah 2.780.400 km² dengan panjang 3.900 km dari utara ke selatan dan lebar 1.400 km dari timur ke barat. Populasinya sekitar 41,6 juta jiwa.

Argentina memiliki budaya yang kaya dan beragam, dengan pengaruh Eropa yang ditemukan dalam kesenian lokal, makanan, musik, olahraga, dan gaya hidup. Perfilman Argentina telah mendapat pujian internasional dan digunakan sebagai sarana untuk mengekspresikan kemarahan dari rezim politik sebelumnya. Argentina juga dikenal sebagai tempat kelahiran musik Tango, yang merupakan simbol musikal negara itu di seluruh dunia.

Komentar Anda