Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 23 Juli

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 23 Juli:

Kilas Balik Juli

2003: Pasukan penjaga perdamaian multinasional yang dipimpin Australia dan diorganisir oleh Forum Kepulauan Pasifik mulai mengerahkan pasukannya di Kepulauan Solomon, sebuah negara yang dilanda konflik etnis dan kekacauan ekonomi; itu adalah intervensi bersenjata terbesar Australia di Pasifik Selatan sejak Perang Dunia II.

2001: Dewan legislatif Indonesia dengan suara bulat memakzulkan presiden eksentrik Abdurrahman Wahid; Wakil Presiden Megawati Soekarnoputri, putri presiden pertama Indonesia, Soekarno, diangkat menjadi presiden kelima.

2000: Tiger Woods memenangkan British Open (delapan kali) dan dengan demikian menjadi pegolf termuda (umur 24 tahun) dan pegolf kelima dalam sejarah PGA yang memenangkan empat kejuaraan golf utama.

1999: Space Shuttle Columbia diluncurkan pada sebuah misi yang sukses untuk merilis Observatorium Chandra X-Ray; ini adalah misi Shuttle pertama yang dipimpin oleh seorang wanita, Eileen Collins.

1974: Pemerintah militer Yunani runtuh dalam invasi Turki atas Siprus, yang khawatir bahwa Yunani akan mencaplok negara kepulauan itu; Konstantinos Karamanlis dipanggil kembali dan membentuk pemerintahan baru Yunani.

1957: Penulis Italia Giuseppe Tomasi di Lampedusa meninggal dunia, setelah hampir menyelesaikan satu-satunya novelnya, The Leopard (1958), sebuah pandangan sejarah Sisilia pada saat kekuasaan bergeser dari aristokrasi ke mafia-orang kaya baru yang dominan; buku ini menjadi dasar sebuah film klasik (1963) karya Luchino Visconti.

1914: Austria-Hongaria, setelah menuduh pemerintah Serbia menghasut pembunuhan Archduke Franz Ferdinand pada tanggal 28 Juni, mengeluarkan ultimatum menuntut protektorat virtual atas Serbia; awal Perang Dunia I tinggal beberapa hari lagi.

1904: Charles Menches menemukan es krim cone di Louisiana Purchase Exposition (St. Louis World Fair).

1885: Ulysses S. Grant, yang memimpin tentara Union meraih kemenangan dalam Perang Saudara Amerika Serikat dan menjabat sebagai presiden ke-18 Amerika Serikat, meninggal dunia.

Komentar Anda