Kegiatan Ekonomi dan Industri Provinsi Quebec

Selama bertahun-tahun, pertanian, perhutanan, manufaktur, dan pertambangan menjadi kegiatan ekonomi terkemuka Quebec. Dan kini industri jasa memberikan kontribusi besar-besaran untuk perekonomian provinsi terbesar Kanada ini. Ekspor penting bagi perekonomian Quebec. Lebih dari setengah dari produksi barang dan jasa diekspor, banyak darinya dikirim ke Amerika Serikat.

Bendera Provinsi Quebec

Jasa

Industri jasa mempekerjakan banyak orang dan merupakan bagian yang tumbuh paling cepat dari perekonomian provinsi Quebec. Kegiatan jasa terkemuka meliputi pelayanan bisnis, sosial, dan pribadi, termasuk pendidikan, perawatan kesehatan, dan layanan yang terkait dengan pariwisata. Jasa keuangan serta perdagangan grosir dan ritel juga penting.

Manufaktur

Wilayah Dataran Rendah St. Lawrence di Quebec dan wilayah dataran rendah Great Lakes di Ontario membentuk jantung industri Kanada. Quebec sangat maju. Industri manufaktur menyumbang sekitar 25 persen dari total produksi Kanada. Di antara produk terkemuka provinsi ini adalah tekstil dan pakaian, makanan dan minuman, bahan transportasi, kertas dan produk kertas lainnya, serta produk listrik dan logam.

Pertanian

Pada akhir 1800-an, 65 persen dari pendapatan Quebec didasarkan pada produksi pertanian. Hari ini pertanian menyumbang kurang dari 2 persen. Meski demikian, Quebec merupakan produsen utama produk susu, jagung, unggas, dan babi. Banyak kebun sayuran dan kebun apel yang luas terletak di dekat Montreal. Sebagian besar gula maple dan sirup Kanada diproduksi di Quebec.

Pertambangan

Emas dan bijih besi adalah produk mineral Quebec yang paling penting. Emas ditambang di sekitar Rouyn-Noranda dan Val d’Or. Kota Schefferville adalah pusat dari daerah besi Quebec-Labrador, yang tambang besinya telah membuat Kanada menjadi salah satu produsen bijih besi terkemuka di dunia. Sebagian besar bijih dikirim dengan kereta api dari Schefferville ke Sept-Iles untuk diekspor ke Amerika Serikat bagian timur. Produk mineral terkemuka Quebec lainnya adalah titanium, batu kapur, dan tembaga.

Industri perhutanan

Hutan Quebec secara historis penting bagi perekonomian provinsi ini berkat produksi kayu, pulp kayu, dan kertas serta menghasilkan hampir setengah dari produk pulp dan kertas Kanada. Quebec adalah produsen kertas terkemuka. Produk hutannya menjadi ekspor terbesar provinsi ini.

Komentar Anda