Fakta Tentang Kota Montgomery di Alabama

Montgomery, dengan populasi 205.293 jiwa (2012), didirikan pada tahun 1819 ketika dua pemukiman bergabung. Kota ini didirikan pada tahun 1837 dan dinamai sesuai nama Jenderal Perang Revolusi, Richard Montgomery. Montgomery segera tumbuh menjadi pusat industri kapas di Alabama karena lokasinya yang terletak di wilayah subur Black Belt, suatu daerah luas dengan tanah hitam yang subur menghampar di sepanjang Alabama. Lokasi pusat dan reputasi industri Montgomery yang kuat membuatnya dijadikan ibukota negara bagian Alabama pada tahun 1847.

Gambar Kota Montgomery
Montgomery tahun 1900-an

Kota ini dikenal sebagai tempat kelahiran Konfederasi Amerika pada tahun 1861. Di Montgomery, Jefferson Davis dilantik sebagai presiden pertama Konfederasi, dan kata-kata “Fire on Fort Sumter” lahir. Karena alasan inilah, Montgomery sering disebut “Cradle of the Confederacy”.

Meskipun Montgomery adalah ibukota pertama dari Konfederasi, ibukota dipindahkan dalam beberapa bulan ke Richmond, Virginia, karena letaknya yang lebih di tengah. Gedung Putih Konfederasi pertama, di Montgomery, telah direstorasi dan dijadikan museum. Sebagian besar furniturnya masih asli dan utuh.

Sejarawan Montgomery mencatat bahwa kota ini adalah kota pertama di Amerika Serikat yang memiliki sistem mobil troli listrik di seluruh kota. Troli ini digunakan sebagai moda transportasi bagi masyarakat Montgomery dari Maret 1886 sampai tahun 1936, ketika sistem bus kota mulai diperkenalkan.

Pada tahun 1955, seorang aktivis hak-hak sipil bernama Rosa Parks menentang hukum Montgomery dengan menolak menyerahkan kursinya di bus yang penuh sesak kepada seorang pria kulit putih. Menyusul penangkapan Parks, Martin Luther King, Jr, pendeta dari Gereja Dexter Avenue Baptist (kemudian berganti nama menjadi Gereja Dexter Avenue King Memorial Baptist dan dinyatakan sebagai bangunan bersejarah nasional), mengadakan boikot sistem bus Montgomery selama setahun, menandai awal gerakan hak-hak sipil. Pada tahun 1965, King memimpin 25.000 demonstran selama empat hari pada Maret dari Selma ke Montgomery untuk mencari hak suara bagi orang Amerika keturunan Afrika.

Hari ini, Montgomery merupakan pusat ternak utama dan salah satu produsen susu terbesar di Tenggara Amerika. Manufaktur, tekstil, produk kertas, dan furnitur memainkan peran penting dalam perekonomian Montgomery.

Tempat-tempat Bersejarah

Alabama State Capitol
Alabama State Capitol

Montgomery adalah rumah dari banyak situs bersejarah. Alabama War Memorial dibangun untuk menghormati Alabamian (orang Alabama) yang berjuang dalam perang Amerika. Civil Rights Memorial of Southern Poverty Law Center dirancang oleh arsitek Maya Lin, yang juga merancang Vietnam Veterans Memorial di Washington, D.C. Old Alabama Town memungkinkan pengunjung untuk mengalami bagaiamana rasanya hidup pada era 1800-an. Maxwell Air Force Base berdiri di lokasi Flight School Wright Bersaudara, sekolah sipil penerbangan pertama di dunia.

Di State Archives and History Museum, pengunjung dapat melihat pameran artefak asli Amerika dan pameran Perang Saudara, termasuk Alkitab yang dipakai Jefferson Davis untuk mengambil sumpah jabatannya. State Capitol, bangunan Kebangkitan Yunani yang didirikan pada tahun 1851, adalah Gedung Putih Konfederasi yang pertama. Montgomery Museum of Fine Arts memiliki koleksi seni Amerika. Taman-taman seluas 8 hektar yang mekar sepanjang tahun, Jasmine Hill Gardens and Outdoor Museum, adalah situs wisata favorit di Montgomery.

Komentar Anda