Benarkah Cokelat Membuat Jerawat Makin Parah?

Ada anggapan bahwa makan cokelat akan memperparah jerawat. Benarkah hal itu? Faktanya, tidak ada studi yang menunjukkan keterkaitan langsung antara cokelat dengan jerawat. Tapi sebelum Anda menghabiskan banyak cokelat, simaklah dulu bagaimana penjelasannya.

Gambar Orang Makan Cokelat

Jerawat disebabkan oleh strain bakteri, secara ilmiah dikenal sebagai acne vulgaris. Bakteri ini dapat berkembang biak dalam pori-pori kulit dan folikel rambut yang tersumbat karena kotoran, kelebihan minyak, dan sel kulit mati. Penumpukan acne vulgaris dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan timbulnya komedo dan jerawat.

Jerawat dapat semakin parah karena faktor yang bervariasi dari satu orang ke orang lain. Pemicu umumnya antara lain lonjakan hormon, polusi lingkungan, kosmetik, dan stres. Beberapa makanan juga dapat memperburuk jerawat pada beberapa orang, seperti produk susu dan makanan glikemik tinggi (yang juga membuat kadar gula darah melonjak). Beberapa jenis cokelat yang sangat populer masuk dalam kedua kategori itu.

Untuk amannya, jika Anda memiliki jerawat tapi juga sangat menyukai cokelat, pilihlah dark chocolate atau cokelat hitam. Cokelat jenis ini dibuat dengan kandungan kakao hingga 80 persen, mengandung sedikit gula dan susu ketimbang cokelat susu atau cokelat semi-manis. Dan yang pasti rasanya tetap lezat.

Komentar Anda