Apa Manfaat Minyak Kelapa Bagi Kulit?

Selama beberapa ribu tahun terakhir, para penduduk lokal di daerah tropis telah menggunakan kelapa baik sebagai makanan maupun obat. Penelitian modern mengenai sifat-sifat kelapa, khususnya minyak kelapa, telah mendukung gagasan kuno yang menyatakan bahwa kelapa merupakan makanan yang sehat.

Gambar Minyak Kelapa

Ternyata terungkap bahwa minyak kelapa terdiri atas jenis lemak yang tidak biasa. Kebanyakan lemak hewan dan tumbuhan terdiri atas asam lemak rantai panjang. Minyak kelapa terbuat dari asam lemak rantai menengah (MCFA), yang oleh tubuh kita dimetabolisasi secara berbeda dari lemak rantai panjang. Terutama, tidak seperti lemak yang terdiri atas asam lemak rantai panjang, minyak kelapa tidak meningkatkan kolesterol dalam aliran darah. Bahkan, juga mengurangi kadar kolesterol dalam jaringan organ seperti hati, sehingga secara efektif menurunkan kolesterol.

Minyak kelapa juga telah ditemukan memiliki sifat penyembuhan lain, seperti meningkatkan kesehatan kulit. Salah satunya adalah mengatasi bibir kering. Karena kandungan asam lemak rantai menengahnya, minyak kelapa mudah diserap oleh kulit. Ia berfungsi sebagai emolien (agen pelunakan) dan pelembab. Bahkan hebatnya lagi, minyak kelapa juga membantu proses penyerapan vitamin, termasuk vitamin yang larut dalam lemak seperti vitamin E, antioksidan yang mengurangi pembentukan radikal bebas yang merusak sel.

Komentar Anda