Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 19 Juli

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 19 Juli:

Kilas Balik Juli

1994: Rwanda Patriotic Front, kelompok militer yang didominasi Tutsi dan yang telah menguasai sebagian besar Rwanda untuk menekan pembantaian Tutsi oleh ekstrimis Hutu, mengumumkan pembentukan pemerintah persatuan nasional untuk negara itu, dengan tokoh moderat Hutu dijadikan presiden dan perdana menteri.

1975: Pesawat ruang angkasa AS dan Soviet yang telah ambil bagian dalam Uji Proyek Apollo-Soyuz terpisah satu sama lain dan masing-masing mulai kembali ke bumi.

1947: Aung San, yang memimpin perjuangan kemerdekaan Burma dari Inggris, dibunuh tak lama sebelum kemerdekaan tercapai; 41 tahun kemudian, putrinya, Aung San Suu Kyi, menjadi pemimpin gerakan demokrasi di negara itu (sekarang bernama Myanmar).

1937: Degenerate Art Exhibit, yang diselenggarakan oleh Nazi untuk mengidentifikasi seni yang dianggap ofensif oleh rezim Hitler, dibuka di Munich.

1870: Pemerintah Napoleon III menyatakan perang terhadap Prussia; Perang Perancis-Prusia itu menyebabkan jatuhnya Kekaisaran Perancis Kedua dan menciptakan situasi yang memungkinkan Otto von Bismarck untuk mendirikan Kekaisaran Jerman.

1553: Mary I diangkat menjadi ratu Inggris.

1374: Petrarch, penyair, sarjana, dan humanis Renaisans besar Italia, meninggal dunia.

1333: Dalam Pertempuran Halidon Hill, Raja Edward III dari Inggris mengalahkan Skotlandia, membalas kekalahan ayahnya di Bannockburn.

Komentar Anda