Penyebaran Kanker Melalui Operasi Hanyalah Mitos

Konon, mengobati kanker dengan operasi dapat menyebabkan kanker menyebar ke seluruh tubuh. Mitos ini mungkin sudah ada sejak beberapa tahun yang lalu ketika sebagian besar pasien yang mencari pengobatan medis tidak mengetahui bahwa kankernya sudah berkembang pesat.

Operasi kanker

Dokter mungkin saja melakukan operasi untuk menemukan penyebab penyakit pasien dan menemukan bahwa kanker pasien sudah parah sehingga susah diobati. Ketika pasien meninggal beberapa waktu kemudian, orang mengira tindakan operasilah yang menyebabkan sel kanker menyebar dan membunuh pasien.

Faktanya, spesialis bedah kanker mengetahui dengan pasti cara paling aman untuk mengambil sampel biopsi dan menghilangkan tumor tanpa menyebabkan penyebaran kanker. Dalam banyak kasus, operasi merupakan bagian penting dari rencana pengobatan kanker.

Untuk beberapa jenis kanker, ahli bedah mengambil tindakan pencegahan ekstra untuk mencegah kemungkinan kanker menyebar. Sebagai contoh, pada kanker testis, seluruh testis yang mengandung kanker ganas tersebut akan diangkat, jadi bukan mengambil sel kankernya. Dokter yang melakukan operasi kanker adalah ahli yang sangat terlatih dalam seluk-beluk kanker dan anatomi. Oleh karena itu, mempelajari metode penyembuhan kanker seperti operasi sangatlah penting bagi kita semua.

Komentar Anda