Benarkah Tabir Surya Bisa Mencegah Kanker Kulit?

Penggunaan tabir surya (sunscreen/sunblock) setiap hari adalah cara yang baik untuk mengurangi risiko kanker kulit. Masalahnya, terkadang tabir surya memberikan rasa aman “palsu”. Tabir surya perlu diterapkan berulang pada kulit, meski hanya memberikan sedikit perlindungan. Kesalahan dalam penggunaan tabir surya sangat umum terjadi dan menunjukkan bahwa orang kurang memahami pentingnya melindungi diri dari kanker kulit.

Gambar Tabir Surya

Memang, gejala kanker kulit yang nampak di mata tidak akan muncul selama bertahun-tahun, dan belum lama ini kulit cokelat malah dianggap lebih sehat. Terlebih, bekas sengatan matahari akan memudar dalam beberapa hari. Masalahnya, kerusakan akibat sinar matahari terjadi pada lapisan kulit dalam yang tidak dapat dilihat mata. Kerusakan ini sifatnya kumulatif dan akhirnya dapat menyebabkan kanker.

Ahli kulit Mark Jaffee, M.D., berkata, “Kanker kulit berkembang perlahan-lahan dari waktu ke waktu. Ketika kerusakan telah “sempurna”, kita hanya perlu menunggu bertahun-tahun untuk melihat kerusakan itu muncul pada permukaan kulit.”

Cara melindungi kulit yang benar

Untuk memastikan kulit Anda aman dari sinar UV, jadikan perlindungan kulit dari matahari sebagai kebiasaan sehari-hari dan merupakan bagian dari ritual sebelum pergi ke kolam renang, pantai, atau taman. Bawa selalu topi, kemeja lengan panjang, tabir surya, dan perlengkapan lainnya dalam tas ransel kecil atau di mobil Anda. Berikut lima metode perlindungan kulit yang bisa Anda terapkan:

Kenakan baju dan celana panjang untuk melindungi sebanyak mungkin areal kulit.

Gunakan tabir surya. Pilih tabir surya yang mengandung SPF 15 atau lebih tinggi.

Kenakan topi. Pilih topi yang bisa melindungi wajah, leher, dan telinga.

Pakai kacamata hitam. Lindungi mata dengan kacamata hitam yang menghalangi sinar UV.

Batasi paparan sinar matahari langsung. Kalau tidak ada keperluan penting, usahakan tidak keluar ruangan antara pukul 10:00 sampai 16:00, ketika sinar UV sedang kuat-kuatnya.

Untuk orang yang memiliki kulit cerah yang dapat terbakar dalam 15 menit setelah terekspos sinar matahari, menggunakan tabir surya setiap hari sangatlah penting, dan harus diterapkan kembali sesuai dengan petunjuk pada kemasan. Banyak perusahaan merekomendasikan melapisi ulang tabir surya setiap dua jam.

Untuk efek maksimal, terapkan tabir surya 20 sampai 30 menit sebelum pergi ke luar. Tabir surya harus bisa menutupi lengan, kaki, leher dan wajah. Jika berenang atau berkeringat, Anda mungkin perlu menerapkan kembali tabir surya lebih sering dari biasanya. Ingat bahwa tabir surya biasanya akan luntur ketika Anda mengeringkan diri dengan handuk.

Produk berlabel ” waterproof” memberikan perlindungan setidaknya sampai 80 menit bahkan ketika Anda berenang atau berkeringat. Produk yang berlabel “water resistant” dapat memberikan perlindungan hanya selama 40 menit. Kebanyakan produk tabir surya akan kadaluarsa dalam waktu dua sampai tiga tahun, tetapi Anda harus memeriksa tanggal kadaluwarsa dalam wadah sebelum produk itu menjadi tidak efektif.

Komentar Anda