Benarkah Resiko Terkena Kanker Meningkat di AS?

Banyak orang percaya bahwa risiko terkena kanker meningkat karena terkadang laporan angka-angka tentang kanker keluar dari konteks. Jumlah orang yang didiagnosis dan yang meninggal karena kanker setiap tahun memang bertambah di AS, namun hal ini dikarenakan penduduk AS terus bertambah dan sebagian besar semakin menua.

Kanker di Amerika

Kanker ini lebih sering terjadi di kalangan orang tua, sehingga kasus kanker menjadi lebih banyak karena rata-rata usia populasi Amerika Serikat meningkat. Jika kita melihat lebih dekat angka kanker berdasarkan semua kelompok umur, maka risiko kanker di Amerika sebenarnya menurun.

Faktanya, jumlah orang yang didiagnosa menderita kanker dan yang meninggal karena kanker di AS telah menurun sejak awal tahun 1990-an. Kurang dari setengah orang yang didiagnosis menderita kanker hari ini akan meninggal akibat penyakit tersebut. Beberapa di antaranya benar-benar sembuh, dan lebih banyak orang yang akan bertahan hidup selama bertahun-tahun dengan kualitas hidup yang baik, berkat perawatan intensif yang mampu mengendalikan berbagai jenis kanker.

Kanker bukanlah satu penyakit, melainkan banyak penyakit berbeda dengan penyebab yang juga berbeda-beda. Karena itulah, satu terobosan berupa “obat kanker” mungkin tidak akan ada dalam waktu dekat. Dalam sejarah juga tidak ada catatan penemuan obat kanker. Namun dengan perkembangan teknologi medis yang ada saat ini, setiap tahun pengobatan-pengobatan kanker terbaru akan muncul untuk melawan berbagai jenis kanker.

Komentar Anda