5 Hal Penting Berkaitan dengan Alergi Mata

Reaksi alergi menimpa orang dengan cara yang berbeda, namun sebagian besar penderita alergi mungkin pernah merasakan mata gatal  atau berair pada satu waktu. Alergen atau penyebab alergi bisa bermacam-macam, mulai dari debu, serbuk sari, tungau debu, hingga bulu binatang. Sebagian besar alergen ini menyebabkan gejala yang mempengaruhi bagian-bagian di kepala, termasuk mata yang mulai gatal, berair, merah, dan bahkan membengkak. Ketahuilah lima fakta penting tentang alergi mata berikut ini.

Alergi mata

1. Alergi mata, sebagaimana semua alergi lainnya, terjadi ketika sistem kekebalan tubuh bereaksi secara berlebihan terhadap alergen yang melakukan kontak dengan Anda. Dalam kasus alergi mata, alergen seperti rumput, gulma, pohon, bulu hewan peliharaan, tungau debu, dan jamur semua bisa berterbangan di udara dan mendarat di mata Anda. Setelah alergen berkontak dengan mata, mata akan bereaksi secara defensif terhadap serangan itu dan sel mast akan melepaskan bahan kimia yang disebut histamin. Setelah ini terjadi, pembuluh darah akan membengkak dan menyebabkan mata bengkak, gatal, berair.

2. Kadang-kadang, zat non-alergen dapat juga menyebabkan reaksi seperti alergi pada mata, atau malah memperburuk keadaan jika Anda sudah menderita reaksi alergi. Asap rokok adalah salah satunya; itulah sebabnya banyak tempat melarang orang merokok. Parfum adalah zat kuat lainnya di udara yang dapat memperburuk reaksi alergi pada mata. Kosmetik tertentu juga dapat menyebabkan iritasi mata. Jika mata Anda berair atau terasa gatal ketika terjebak dalam lalu lintas padat, bisa jadi itu disebabkan asap knalpot di udara, non-alergen lain yang umum dijumpai.

3. Meskipun Anda menggosok mata berkali-kali ketika reaksi alergi pada mata terjadi, hal ini tidak akan membahayakan penglihatan Anda seperti kepercayaan umum. Meski begitu, perlakukanlah mata Anda dengan lembut sebab mata adalah organ sensitif. Jika kulit Anda menderita eksim, maka ada kasus-kasus langka di mana penglihatan Anda akan terpengaruh dalam jangka panjang karena peradangan yang konsisten. Tapi penderita alergi biasa tidak perlu khawatir mengenai hal ini.

4. Jika Anda menderita alergi mata, maka Anda tidak sendirian. Gangguan yang juga disebut konjungtivitis alergi ini jauh lebih umum daripada yang kita sadari. Menurut penelitian, satu dari setiap lima orang Amerika menderita beberapa jenis alergi terkait mata.  Jika Anda menyadari ada pemicu tertentu, cobalah untuk menghindarinya. Jika Anda belum pernah alergi sebelumnya dan menemukan mata Anda berwarna merah dan berair, maka cobalah berkonsultasi dengan dokter. Mungkin itu adalah reaksi alergi yang tidak biasa.

5. Jika Anda menderita alergi mata, kemungkinan gangguan ini hanya akan memburuk pada waktu-waktu tertentu dalam setahun. Hal-hal yang konstan dalam hidup Anda, seperti tungau debu, bulu hewan peliharaan dan bulu di tempat tidur Anda, adalah penyebab paling mungkin dari alergi “abadi” Anda. Alergen-alergen inilah yang mengganggu Anda sepanjang tahun. Ada juga alergi musiman. Alergi ini terjadi pada waktu tertentu dalam setahun ketika tanaman dan gulma tertentu tumbuh dan memperburuk alergi Anda. Jadi, selalu berhati-hati ketika bersentuhan dengan penyebab-penyebab alergi Anda.

Komentar Anda