Makanan dan Minuman Masyarakat Perancis

Orang Perancis menganggap memasak sebagai sebuah seni. Haute cuisine atau ahli masakan Perancis telah menetapkan standar masakan yang telah diterima di seluruh dunia sejak tahun 1700-an. Koki Perancis telah menciptakan banyak saus lezat dan makanan pembuka yang mewah.

Gambar Masakan Escargot Siput

Makanan pembuka Perancis meliputi escargot (siput) dalam saus mentega bawang putih, kerang dan jamur dalam saus anggur yang creamy, dan kue-kue puff berisi ayam dalam saus krim. Sosis dan pâté (daging cincang yang dimasak dengan rempah-rempah) juga berfungsi sebagai makanan pembuka. Pâté hati angsa dengan truffle hitam seperti jamur dianggap sebagai hidangan khusus. Koki Perancis menambahkan keju, sayuran, udang, ham, atau daging ke dalam omelet, crêpe (pancake tipis), dan quiche (custard yang dipanggang dalam kulit kue). Hidangan ini disajikan sebagai makanan pembuka atau makanan ringan.

Gambar Makanan Crêpe
Crêpe

Jamuan utama Perancis tradisional memiliki beberapa sajian. Dimulai dengan hidangan pembuka atau sup. Sajian utama yang populer antara lain ayam, daging, ikan, atau steak. Salad hijau sering mengikuti hidangan utama, kemudian keju atau buah segar. Roti crusty Prancis menyertai sebagian besar makanan. Jamuan yang sangat istimewa bisa menambahkan makanan penutup setelah sajian keju. Makanan penutup meliputi kue-kue yang mewah, tart buah, dan crêpe yang diisi dengan whipped cream atau buah yang dimasak.

Hidangan spesial Perancis seperti bouillabaisse dan cassoulet menjadi makanan lezat yang memerlukan beberapa makanan tambahan. Bouillabaisse adalah sup kental dengan irisan enam atau lebih ikan dan kerang. Sedangan cassoulet adalah casserole kacang, sosis, unggas, dan babi.

Orang Perancis menyantap sarapan ringan. Sarapan khas terdiri atas gulungan lembut seperti croissant dan brioche, disajikan dengan mentega dan selai, ditambah kopi. Beberapa orang Perancis minum anggur saat makan siang dan makan malam, kadang-kadang anggur yang disajikan berbeda-beda, disesuaikan dengan sajiannya. Bir, sari apel, atau air mineral dapat menggantikan anggur. Kopi disajikan saat sarapan, dan setelah makanan lain. Masakan etnis juga menjadi lebih populer. Sebagai contoh, banyak restoran Perancis yang menawarkan masakan India, Italia, Meksiko, Thailand, atau Vietnam.

Komentar Anda