5 Rekor Suhu Terendah di Bumi Sepanjang Masa

Baru-baru ini, NASA mengumumkan bahwa suhu terendah di bumi yang tercatat satelit adalah -93,2 °C di Antartika Timur. Karena suhu ini diamati dari jarak jauh dan bukan dari stasiun cuaca darat, maka suhu ini tidak menjadi rekor resmi dunia.

Sejak akhir tahun 1800-an, manusia sudah mencatat suhu-suhu terendah di banyak tempat di bumi tanpa bantuan satelit. Hasilnya adalah rekor suhu-suhu terendah yang cukup menyeramkan. Berikut 5 catatan suhu paling rendah di muka bumi yang pernah tercatat sejarah.

1. Vostok Station, Antartika

Gambar Stasiun Vostok, Antartika

Pada 21 Juli 1983, di pusat penelitian Rusia di Princess Elizabeth Island, di mana pengeboran inti es dan percobaan magnetometri dilakukan, suhu turun menjadi 89,2 derajat Celsius di bawah nol. World Meteorological Organization (WMO) mengakui suhu ini sebagai pemegang rekor di Antartika. Vostok Station juga terletak di Antartika timur, di selatan di mana satelit pernah merasakan suhu -90 °C.

2. Amundsen-Scott South Pole Station, Antartika

Gambar Amundsen-Scott South Pole Station

Pusat penelitian Amerika ini dibangun pada tahun 1956 di Kutub Selatan – tempat paling selatan di bumi. Terletak di dataran tinggi Antartika, 2.835 meter di atas permukaan laut. Para ilmuwan di pusat ini telah mengalami temperatur serendah 82 derajat Celsius di bawah nol. Pada suhu tersebut, manusia tidak dapat bertahan hidup tanpa alat khusus. Tidak ada yang mampu melompat-lompat dalam suhu serendah itu.

3. Verkhoyansk, Rusia

Gambar Verkhoyansk

Terletak di Sungai Yana dekat Lingkaran Arktik, Verkhoyansk dikenal karena cuacanya yang ekstrem. Suhu rata-rata bulanan berkisar antara -45.3 derajat Celsius di musim dingin hingga 16 derajat Celsius di musim panas. Sebuah rekor terendah terjadi pada tanggal 5 dan 6 Februari 1892, ketika suhu mencapai 67 derajat Celcius di bawah nol. Rekor di Verkhoyansk ini kontroversial karena jenis termometer yang digunakan pada saat itu dianggap kurang akurat jika dibandingkan termometer merkuri yang digunakan saat ini.

4. Oymyakon, Rusia

Gambar Oymyakon

Dengan jumlah penduduk yang jarang, sekitar 472 jiwa, Oymyakon, Rusia, terletak 749 meter di atas permukaan laut di Yakutia timur dan menjadi saksi cuaca yang membekukan. Hanya 40 tahun setelah tetangganya di Lingkaran Arktik,  Verkhoyansk, membuat rekor, Oymyakon mencatat hari terdingin keempat yang pernah terjadi di bumi pada tanggal 6 Februari 1933. Kala itu suhu juga jatuh hingga -67 derajat Celcius.

5. Northice, Greenland

Gambar Northice Greenland

Pada tahun 1952, British North Greenland Expedition mendirikan basis penelitian di Northice, di daratan es Greenland. Pusat ini hanya aktif selama dua tahun antara 1952 dan 1954, tapi sebelum mereka mundur dari tanah yang tak dapat dihuni itu, rekor suhu terendah pernah dicatat. Pada tanggal 9 Januari 1954, North Greenland Expedition mengalami suhu -66 °C.

Komentar Anda