Ragam

15 Fakta Menarik Tentang Kanada

Loading...

Negeri di utara Amerika Serikat ini memiliki luas wilayah yang besar dan sejarah yang panjang. Banyak hal menarik yang bisa dipelajari dari Kanada, termasuk 15 fakta unik berikut ini yang mungkin belum Anda ketahui.

Fakta Unik Kanada

1. Kanada memiliki penduduk wanita lebih banyak daripada penduduk laki-laki pada kelompok usia 15-64 tahun.

2. Kanada adalah produser uranium alami (20%-30%) di dunia.

3. Manitoulin Island di Kanada adalah pulau terbesar di dunia yang dikelilingi air tawar.

4. Kanada memiliki cadangan cesium (unsur kimia yang cukup langka) terbesar di dunia. Lebih dari 2/3 cadangan cesium dunia (110.000 ton) ditemukan di Bernic Lake, Manitoba.

5. Dr. James Naismith adalah orang Kanada yang menemukan olahraga basket.

Dr. James Naismith
Dr. James Naismith

6. Baffin Island adalah pulau terbesar di Kanada sekaligus pulau terbesar kelima di dunia.

Loading...

7. Lebih dari seperempat air tawar dunia berada di Kanada.

8. Diperkirakan ada sekitar 2 juta danau di Kanada. Hal ini dikarenakan wilayah ini dulunya dibentuk oleh glasier atau gletser.

9. Negara ini menghasilkan sekitar 60 mineral dan metal. Kanada juga menjadi negara penghasil berlian terbesar ketiga di dunia.

10. Di negara-negara Eropa, ada banyak vending machine Kanada yang akan membagikan minuman gratis khusus pada orang-orang Kanada dengan cara menunjukkan kartu identitas.

11. Kanada memiliki garis pantai terpanjang di dunia, yakni sejauh 243.977 km.

12. Lebih dari separuh wilayah Kanada ditutupi oleh sepersepuluh hutan dunia.

13. Kanada memiliki jalan raya terpanjang di dunia, yang membentang dari St. John’s, Newfoundland hingga ke Victoria, British Columbia. Jika ditotal, panjangnya bisa mencapai 7.604 km. Jalan raya ini disebut Trans-Canada Highway.

14. Suhu terendah di Amerika Utara pernah tercatat di daerah Snag, Yukon, Kanada, pada tanggal 3 Februari 1947. Kala itu suhu anjlok hingga sekitar -63 derajat celcius.

15. Banyak penemu Kanada yang menemukan penemuan-penemuan yang telah mengubah dunia, seperti insulin, sistem film IMAX, marka jalan raya, tas sampah, dan lain sebagainya.

Loading...

Komentar Anda