Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 17 Juli

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 17 Juli:

Kilas Balik Juli

1998: Sebuah tsunami besar yang dipicu oleh gempa bumi menyapu beberapa desa di sekitar Aitape di bagian utara Papua Nugini, menewaskan beberapa ribu jiwa.

1996: Pada pukul 08:31, pesawat TWA 800, Boeing 747-100, meledak beberapa menit setelah lepas landas dari Bandara John F. Kennedy di New York City, menewaskan 230 orang di dalamnya.

1981: Salah satu bencana terburuk dalam sejarah AS terjadi dengan runtuhnya tempat berjalan bergantung di lobi baru Hyatt Regency Hotel di Kansas City, Mo; lebih dari 100 orang meninggal.

1976: Indonesia mencaplok bekas koloni Portugis di Timor Timur.

1955: Disneyland, salah satu taman hiburan paling populer dan menguntungkan di Amerika Serikat, dibuka di Anaheim, California

1954: Newport Jazz Festival pertama dimulai; acara ini diadakan di lapangan tenis Newport Casino di Rhode Island dan hadir bintang-bintang seperti Ella Fitzgerald, Dizzy Gillespie, dan Stan Kenton.

1945: Pertemuan tingkat tinggi terakhir Sekutu Perang Dunia II dimulai di Potsdam, dihadiri oleh Harry S. Truman, Joseph Stalin, dan Sir Winston Churchill (yang digantikan oleh Clement Attlee setelah pemilihan Inggris).

1942: Selama Perang Dunia II, tahap pertama Pertempuran Stalingrad dimulai ketika Angkatan Darat keenam Jerman di bawah Friedrich von Paulus mendekati jantung kota Rusia.

1936: Perang Saudara Spanyol dimulai dengan pemberontakan militer di Maroko yang dipimpin oleh Francisco Franco; konflik pahit ini berakhir dengan kekalahan republik Spanyol pada Maret 1939.

1898: 24.000 pasukan Spanyol di Kuba menyerah kepada pasukan Amerika selama Perang Spanyol-Amerika.

Komentar Anda