Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 15 Juli

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 15 Juli:

Kilas Balik Juli

1991: Satelit ERS (European Remote Sensing) pertama diluncurkan ke orbit kutub dari fasilitas peluncuran Badan Antariksa Eropa di Kourou, Guyana Prancis.

1975: Pesawat ruang angkasa Soyuz dan Apollo yang ditugaskan untuk Uji Proyek Apollo-Soyuz diluncurkan masing-masing dari Baikonur dan Cape Canaveral.

1974: Sebuah kudeta di Siprus terjadi untuk menggulingkan Presiden Makarios III dan menjadikan pemimpin EOKA Nikos Sampson sebagai presiden; peristiwa ini memicu intervensi Turki dan perpecahan lanjutan di pulau itu.

1918: Selama Perang Dunia I, Sekutu membombardir Jerman yang maju di dekat Reims, menjadi awal Pertempuran Marne Kedua, yang menghentikan serangan besar terakhir Jerman di tahun 1918 dan mengubah gelombang perang itu.

1410: Dalam Pertempuran Tannenberg pertama, atau disebut juga Pertempuran Gr├╝nwald, tentara Polandia-Lithuania mengalahkan pasukan Teutonic Knights; kemenangan ini, yang pada dasarnya menghentikan ekspansi Knights ke timur, dirayakan sebagai salah satu peristiwa nasional yang besar dalam sejarah Polandia.

1099: Perang Salib Pertama merebut Yerusalem terjadi; tentara salib membuatnya menjadi ibukota Kerajaan Latin Yerusalem, yang bertahan sampai tahun 1291, meskipun Yerusalem itu sendiri ditemukan oleh umat Islam pada tahun 1187.

1015: Vladimir I, Grand Duke of Kiev, yang konversinya ke Kristen mengubah sejarah Rusia, meninggal dunia; dia adalah santo dari Gereja Ortodoks Rusia.

Komentar Anda