Jerman Jadi Juara Piala Dunia 2014

Jerman akhirnya memastikan diri menjadi juara Piala Dunia 2014 di Brasil setelah menundukkan Argentina lewat babak perpanjangan waktu melalui gol pemain pengganti, Mario Goetze di menit ke-113.

Gambar Foto Jerman Juara

Pertandingan final ini mempertemukan Jerman dan Argentina di stadion Maracana. Kedua tim sama-sama berhasrat menjadi juara di tanah Brasil. Di pihak Jerman, Sami Khedira tidak diturunkan, sementara Angel Di Maria yang cedera juga tidak dapat diturunkan.

Baik Jerman maupun Argentina sama-sama jual beli serangan di babak pertama. Serangan demi serangan berhasil dimentahkan kedua tim. Jerman nyaris kebobolan di menit ke -22 setelah Toni Kross melakukan blunder. Headingnya mengarah ke jantung pertahanan tim Panser. Bola liar langsung dikejar Higuain yang tinggal berhadapan dengan Neuer. Sayang, tendangan Higuain masih melenceng.

Di menit ke-30 Higuain bahkan berhasil membobol gawang Neuer. Iapun melakukan selebrasi. Namun sayang, hakim garis sudah mengangkat bendera offside. Jerman sendiri bukannya tanpa peluang. Anak asuhan Joachim Loew berkali-kali mengancam pertahanan Argentina. Namun sayang peluang demi peluang berhasil dimentahkan barisan lini belakang Tango yang dikomandoi Zabaleta. Di depan, Messi berkali-kali mengacaukan barisan bek Jerman.

Di babak kedua, saling serang terus terjadi. Namun tempo permainan sedikit melambat. Argentina memasukkan Aguero dan Palacio untuk mendobrak pertahanan Jerman. Sedangkan Jerman memasukkan Goetze untuk menjaga kedalaman. Namun kuatnya benteng Argentina tetap sukar ditembus. Serangan yang dibangun Schuerrle yang berduet dengan Klose masih sering mentah. Babak kedua berakhir dan dilanjutkan babak extra time.

Gambar Mario Goetze Jerman
Mario Goetze

Di babak perpanjangan waktu ini. Jerman langsung mencoba menguasai pertandingan. Argentina yang melakukan serangan balik malah nyaris membobol gawang Neuer lewat Palacio yang berhadapan dengan Neuer. Sayang, tendangannya masih melenceng. Akhirnya, Mario Goetze yang menerima umpan silang dari Schuerrle berhasil menyarangkan bola ke gawang Romero di menit ke-113 dengan kaki kirinya. Publikpun bersorak. Skor bertahan hingga perpanjangan waktu selesai. Akhirnya, Jerman dinobatkan sebagai juara World Cup 2014.

Jermanpun mengukir sejarah baru sebagai tim Eropa pertama yang sukses menjadi juara di tanah Amerika. Ini adalah gelar Piala Dunia keempat Jerman, setelah meraih trofi World Cup tahun 1954, 1974, dan 1990. Manuel Neuer mendapat gelar Golden Glove, sementara Lionel Messi mendapat gelar Golden Ball. Selamat Jerman!

Foto Perayaan Gol Mario Goetze
credit image: belfasttelegraph.co.uk

Komentar Anda