Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 14 Juli

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 14 Juli:

Kilas Balik Juli

1965: Pesawat ruang angkasa AS Mariner 4 melintas dalam jarak 9.846 km dari Mars, membawa foto beresolusi rendah dan data lain yang menunjukkan atmosfer tipis dan suhu rendah planet itu.

1958: Sekelompok perwira tentara pembangkang di Irak (Perwira Bebas) melakukan kudeta di mana Raja Faisal II dan anggota lain dari keluarga kerajaan serta perdana menteri Nuri al-Said dibunuh; rezim militer yang dipimpin oleh Jenderal Abd al-Karim Qasim berkuasa.

1933: National Socialist Party (Nazi) dinyatakan sebagai satu-satunya partai sah di Jerman.

1921: Sacco dan Vanzetti, dua anarkis kelahiran Italia, dihukum dalam salah satu kasus pembunuhan paling kontroversial di Amerika Serikat pada abad ke-20; meskipun protes dan keyakinan luas mengatakan bahwa mereka tidak bersalah, mereka tetap dieksekusi enam tahun kemudian.

1867: Konfederasi Jerman Utara dibentuk, menyatukan negara-negara bagian utara Jerman di bawah pemerintah federal di bawah kekuasaan Prussia; ini merupakan langkah penyatuan sistematis Jerman yang dicapai oleh kanselir Prusia Otto von Bismarck.

1865: Edward Whymper, seorang pendaki gunung Inggris, memimpin pendakian pertama Matterhorn yang berhasil, yakni puncak ketiga tertinggi Alpen; empat dari tujuh laki-laki dalam ekspedisi itu tewas dalam perjalanan turun ke bawah, menjadi awal beredarnya mitos bahwa gunung itu dilindungi oleh roh halus.

1789: Massa menyerbu Paris Bastille, sebuah benteng dan penjara yang dianggap sebagai salah satu simbol utama dari absolutisme kerajaan di Perancis; peristiwa ini, yang menandai awal dari Revolusi Perancis, diperingati setiap tahun di Perancis, di mana Bastille Day adalah hari libur yang setara dengan Fourth of July (Hari Kemerdekaan) di Amerika Serikat.

Komentar Anda