5 Fakta Menarik Tentang Jasper Cillessen

Jasper Cillessen adalah kiper utama tim nasional Belanda di Piala Dunia 2014. Meski terbilang baru di timnas Belanda, penampilannya ternyata sangat gemilang di World Cup Brasil. Ia sukses mengantarkan tim Oranye meraih tempat ketiga setelah menundukkan tuan rumah Brasil 3-0. Total hanya 4 gol yang bersarang di gawangnya selama ia berdiri di bawah mistar Belanda. Berikut 5 fakta unik tentang Jasper Cillessen.

Foto Jasper Cillessen

1. Di tahun 2010, Cor Pot, pelatih Belanda saat itu, memanggilnya bergabung dengan timnas. Cillessen memulai debutnya di timnas pada bulan Juni 2013 di bawah pelatih Louis van Gaal. Di Piala Dunia kali ini, ia mendapat kepercayaan sepenuhnya dari Gaal.

2. Sejauh ini, Cillessen belum pernah menyelamatkan sekalipun tendangan penalti selama karirnya. Saat babak perempatfinal melawan Kosta Rika, Cillessen ditarik keluar oleh van Gaal dan digantikan Tim Krul di menit-menit akhir jelang babak adu penalti.

Cillessen sedikit kecewa dengan keputusan Gaal ini karena sepanjang pertandingan ia tampil baik. Namun van Gaal mengatakan pada media bahwa ia sengaja tidak memberi tahu rencana menarik keluar Cillessen padanya agar ia tidak merasa terganggu. Hasilnya Belanda menang 4-3.

Di babak semifinal, Belanda harus melakukan adu penalti lagi dengan Argentina. Kali ini jatah pergantian pemain Belanda sudah habis, jadi Cillessen tetap diplot sebagai penjaga gawang. Hasilnya Belanda kalah 2-4, dan Cillessen kembali gagal melakukan penyelamatan.

3. Cillessen ditarik oleh NEC/FC Oss youth academy saat berusia 12 tahun (2001), setelah tampil baik dengan tim De Treffers. Sembilan tahun kemudian, ia akhirnya masuk tim senior NEC di tahun 2010. Ia mendapat gelar “Man of the Match” di pertandingan debutnya bersama NEC. Cillessen lantas diboyong Ajax Amsterdam dengan nilai transfer 4 juta dolar.

4. Sebuah video beredar secara viral setelah pertandingan Belanda melawan Kosta Rika. Dalam video itu Cillessen yang hendak melakukan tos (high-five) dengan rekan-rekannya tampak dicueki. Entah disengaja atau tidak, yang pasti Cillessen telah bermain baik dalam pertandingan itu.

5. Cillessen berpacaran dengan seorang gadis cantik berambut blonde bernama Joan Klooster, yang ia temui di HAN University of Sport. Klooster juga bermain sepak bola ketika mereka bertemu di kampus itu tahun 2010.

Komentar Anda