Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 13 Juli

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 13 Juli:

Kilas Balik Juli

1985: Konser Live-Aid di Philadelphia dan London, yang diselenggarakan oleh Bob Geldof dengan tujuan mengumpulkan dana sumbangan untuk bantuan kelaparan di Afrika, disiarkan di seluruh dunia; konser ini membawa serta sederet bintang rock besar dan menyatukan kembali beberapa band yang tidak bermain bersama untuk sementara, seperti Led Zeppelin, Black Sabbath, Crosby, Stills, dan Nash.

1941: Kurang dari sebulan setelah invasi Jerman ke Uni Soviet selama Perang Dunia II, Moskow dan London menandatangani pakta bantuan bersama.

1936: Politisi sayap kanan Spanyol, José Calvo Sotelo, dibunuh oleh kaum Sosialis, yang memicu terjadinya Perang Saudara Spanyol.

1881: Penjahat legendaris Billy the Kid ditembak dan dibunuh oleh Pat Garrett di Fort Sumner, New Mexico, AS.

1878: Kongres Berlin, yang diselenggarakan untuk mengembalikan keseimbangan diplomatik kekuasaan menyusul Perang Rusia-Turki 1877-1878, diakhiri dengan penandatanganan Perjanjian Berlin; menurut ketentuan-ketentuannya, Bulgaria dibagi; bagian utara menjadi otonom dan bagian selatan tetap berada di bawah kontrol khusus Kekaisaran Ottoman, dan Bosnia dan Hercegovina diberikan ke Austria-Hungaria.

1793: Tokoh revolusioner Perancis, Jean Paul Marat, dibunuh di kamar mandinya oleh Charlotte Corday.

1771: Navigator Inggris, James Cook, kembali ke Inggris dengan kapal Endeavour, setelah menyelesaikan perjalanan selama tiga tahun di mana ia menemukan kembali dan mengamati pulau Selandia Baru dan menelusuri sejauh 3.200 km dari pantai Australia.

Komentar Anda