8 Fakta Menakjubkan Tentang Mata Kita

Mata merupakan salah satu organ manusia paling penting. Sebagian besar informasi ditangkap otak kita melalui mata. Mata juga menjadi cara untuk mengekspresikan emosi dan perasaan kita. Tapi tahukah Anda fakta-fakta menakjubkan tentang mata manusia berikut ini?

Gambar Mata Manusia

1. Mata adalah organ yang paling kompleks kedua di tubuh kita (setelah otak)

Mata terdiri atas lebih dari dua juta bagian operasional yang dapat memproses 36.000 bit informasi setiap jam! Ini semua melibatkan jalur dan mekanisme kompleks dengan bantuan beberapa struktur seperti retina, pupil, iris, lensa, kornea, otot siliaris, dan saraf optik. Konfigurasi yang tepat dari bagian-bagian ini membantu mata untuk berfungsi dengan baik dan membuat penglihatan sempurna.

2. Kornea adalah satu-satunya jaringan di mata yang tidak membutuhkan darah

Kornea sangat penting untuk penglihatan, dan adanya pembuluh darah akan mengganggu proses dalam kornea. Jadi, kornea adalah satu-satunya sel hidup di mata kita yang tidak secara langsung terhubung dengan pembuluh darah. Bagian luar kornea mendapat oksigen dan nutrisi dari cairan air mata, sedangkan bagian dalamnya mendapatkan nutrisi dari aqueous humor (substansi berair yang tebal antara lensa dan kornea). Para ilmuwan mengatakan bahwa faktor-faktor yang membantu pembentukan pembuluh darah tidak terdapat di kornea, karena itulah kornea nyaris tidak memiliki pembuluh darah.

3. Otot mata adalah otot terkuat dalam tubuh kita

Otot-otot eksternal mata terasa besar jika dibandingkan dengan ukuran dan berat bola mata yang kecil. Dan jika berbicara soal kekuatan, maka otot mata adalah yang terkuat dalam melaksanakan tugasnya. Hal ini karena otot-otot mata terus-menerus bergerak untuk menyesuaikan posisi mata bahkan ketika kepala bergerak. Selain itu, mereka juga tetap bekerja selama kita tidur, terutama saat kita terus-menerus menggerakkan mata kita saat mengalami tidur rapid eye movement (REM). Karena terus-menerus bekerja, otot-otot mata dapat mengalami kelelahan juga. Inilah alasannya mengapa mata kita butuh istirahat setelah bekerja terus-menerus selama sekitar satu jam.

4. Kita semua memiliki bintik buta di mata kita

Cahaya memasuki mata melewati pupil dan jatuh di retina di bagian belakang mata. Retina ditutupi dengan senyawa protein retinal yang mengirim informasi ke saraf optik yang membawanya kembali ke otak. Di jalur itulah tidak ada sel peka cahaya, sehingga bila suatu bayangan benda jatuh di sana, otak tidak bisa menerjemahkannya. Akibatnya, benda itu seolah tidak terlihat.

5. Mata sebenarnya tidak memerlukan istirahat

Mata adalah satu-satunya bagian dari tubuh manusia yang dapat berfungsi pada tingkat kemampuan 100% setiap saat, siang atau malam, tanpa istirahat. Tapi kita tetap harus mengistirahatkan kelopak mata dan otot-otot eksternal mata agar bisa terus berfungsi dengan baik.

6. Kita berkedip 25.000 kali sehari

Banyak sekali, bukan? Berkedip memiliki dua tujuan, yakni untuk melumasi mata dan melindungi mata dari partikel asing. Bulu mata kita memiliki rambut pendek dan melengkung yang berfungsi sebagai penangkap debu.

7. Jumlah cahaya yang masuk ke mata terus dikontrol

Pupil kita mengubah-ubah ukurannya tergantung pada jumlah cahaya yang masuk ke dalam mata. Daerah berwarna di sekitar pupil disebut iris yang mengontrol ukuran pupil. Warna iris inilah -baik hitam, coklat, biru, atau hijau- yang menjadi warna mata kita.

8. Mata bisa sembuh dengan cepat

Ketika lapisan luar sel pada bola mata kita terluka, penggantian seluler berlangsung cepat karena permukaan bola mata mengandung sel-sel hidup. Sel-sel hidup ini memiliki kemampuan untuk mengorganisir ulang dan bermigrasi ke tempat di mana sel-sel hilang atau rusak.

0 thoughts on “8 Fakta Menakjubkan Tentang Mata Kita

Komentar Anda