Piranha Kanibal dan Piranha Vegetarian

Tahukah Anda, bahwa sebagian ikan piranha adalah kanibal, sedangkan sebagian lainnya adalah vegetarian? Makanan utama piranha terdiri atas serangga, ikan, krustasea, cacing, bangkai, benih, dan bahan tanaman lainnya. Seekor piranha perut merah (Pygocentrus nattereri) misalnya, mengonsumsi sekitar 2,46 gram makanan per hari -sekitar seperdelapan dari bobot tubuh rata-ratanya. Krustasea, serangga, dan sisa-sisa bangkai membentuk bagian terbesar dari makanan mereka, tetapi keseimbangan diet ini bisa berubah tergantung pada usia ikan dan sumber makanan yang tersedia.

Foto ikan piranha

Jadi, ketika sumber makanan yang tersedia sedikit sementara persaingan untuk mendapatkan makanan tinggi, piranha dikenal akan memangsa sesama piranha, hidup atau mati. Bahkan yang lebih aneh, piranha wimple (Catoprion mento) akan memakan sisik ikan, yang mengandung lapisan lendir protein yang ternyata bergizi.

Meskipun piranha dikenal sebagai pemakan daging, beberapa piranha adalah omnivora yang memakan lebih banyak biji dari daging, sedangkan beberapa spesies lainnya bahkan bisa bertahan hidup dari tanaman saja. Misalnya, dalam jeram Amazon di sungai Trombetas, Pará, Brasil, para ilmuwan menemukan bahwa spesies piranha  Tometes camunani hidup hanya dari memakan rumput sungai.

Kerabat terdekat piranha, ikan pacu atau ikan bawal air tawar (Colossoma macropomum), sebagian besar makanannya juga bebas dari daging. Ukuran dan warna ikan pacu mirip dengan beberapa spesies piranha, dan dengan demikian, sering dijual di pasar ikan dengan nama “piranha vegetarian,” serta nama-nama yang kurang menarik lainnya.

Komentar Anda