Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 12 Juli

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 12 Juli:

Kilas Balik Juli

1970: Ra II milik Thor Heyerdahl berlayar ke Bridgetown, Barbados, sejauh 5.260 km dari titik awalnya di Maroko; perjalanannya yang sukses ini belum meyakinkan arkeolog bahwa migrasi transatlantik terjadi dari Mesir ke New World.

1945: Fisikawan Robert Bacher, anggota Proyek Manhattan yang terkemuka, merakit bom atom pertama dengan tangan di sebuah rumah peternakan tua di Los Alamos, New Mexico, AS.

1906: Setelah 12 tahun menjalani pengadilan dan masa percobaan hukuman penjara, Kapten Alfred Dreyfus, seorang Yahudi Alsatian yang dituduh melakukan pengkhianatan, dinyatakan tidak bersalah oleh pengadilan Perancis, mengakhiri krisis politik yang berkepanjangan yang dikenal sebagai Dreyfus Affair.

1806: Napoleon I mendirikan Konfederasi Rhein, penyatuan negara Jerman di bawah perlindungan Perancis yang dimaksudkan untuk mengimbangi pengaruh Austria dan Prusia.

1690: Di tepi Sungai Boyne dekat Drogheda, di Irlandia, raja Katolik Roma, James II dari Inggris, yang sebelumnya sudah digulingkan, dikalahkan oleh tentara Protestan penerusnya, William III, dalam Pertempuran Boyne; hari itu diperingati dengan berbaris di Irlandia Utara.

1536: Sarjana Belanda, Desiderius Erasmus, humanis klasik terbesar dari Renaissance di Eropa Utara, meninggal; karya-karyanya yang merupakan intisari humanisme Kristen berupaya untuk mendamaikan iman dan akal dan merangkul Kristen dan budaya zaman kuno.

Komentar Anda