Ulasan Tentang Film Korea The Berlin File

The Berlin File adalah film thriller spionase Korea Selatan yang disutradarai dan ditulis oleh Ryoo Seung-wan, sutradara terkemuka dalam industri hiburan Korea yang karyanya antara lain Crying Fist dan City of Violence. Film ini adalah proyek paling sukses Ryoo Seung-wan sejauh ini dan menjadi film pemegang rekor box office dalam genre ini di Korea Selatan.

the berlin file

Plot film ini sangat kompleks dan sulit untuk diringkas. Tentu saja The Berlin File tidak akan menjadi film thriller spionase kaliber internasional jika plotnya sangat sederhana.

Berlin, Jerman. Semua dimulai dengan perdagangan senjata selundupan yang diintai oleh seorang agen intelijen Korea Selatan tua, Jung Jin-soo (Han Suk-kyu) dan timnya. Tapi sebelum mereka bergerak, ada sesuatu yang salah. Setelah melarikan diri dari kekacauan ini, mata-mata Korea Utara, Pyo Jong-seong (Ha Jung-woo), yang pulang ke negara asalnya dan dianggap sebagai pahlawan nasional, mengetahui bahwa dia telah diperdaya dan dikhianat. Ia dan istrinya (Gianna Jun), yang bekerja di kedutaan Korea Utara sebagai penerjemah, berada di tengah pertarungan kekuasaan internal di Pyongyang. CIA, dealer senjata Rusia, mata-mata Korea Utara dan Selatan, Mossad, organisasi teroris Arab, semuanya membuat drama ini memiliki jalinan cerita yang rumit namun menarik.

The Berlin File hampir seluruhnya difilmkan di Eropa, di banyak lokasi, untuk memberikan keaslian sebagaimana yang terlihat di layar.

Film ini cukup lama, sekitar dua jam, tapi berhasil menyeimbangkan durasi itu dalam kecepatan yang sangat baik. Dialog dan adegan lambat yang mengatur suasana hati untuk mendalami keseriusan dan pentingnya tindakan karakter akan diikuti dengan adegan laga keras dan penuh bahaya, baik dengan tangan kosong ataupun persenjataan berat. Sang sutradara sendiri menyatakan bahwa ia ingin membuat filmnya serupa film thriller spy Barat yang populer, Borne Identity.

Kolaborasiantara sutradara Ryoo Seung-wan dan adiknya, Ryoo Seung-bum, yang memerankan karakter “problem solver” yang kejam, juga menarik untuk disimak. The Berlin File penuh aktor terbaik Korea, adegan laga yang indah, sinematografi yang solid, dan kisah penuh intrik. Jangan lewatkan film ini.

Komentar Anda