Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 11 Juli

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 11 Juli:

Kilas Balik Juli

2000: Perdana Menteri Israel, Ehud Barak, pemimpin Palestina, Yasser Arafat, dan Presiden AS, Bill Clinton, memulai pertemuan puncak perdamaian di Camp David yang membuat kemajuan signifikan pada banyak masalah yang belum terselesaikan; namun pertemuan itu menemui jalan buntu terkait pertanyaan tentang siapa yang akan memerintah Yerusalem.

1999: India dan Pakistan mencapai kesepakatan untuk menghentikan Perang Kargil; perang ini, yang merupakan babak baru dalam perang India-Pakistan, dimulai pada bulan Mei dengan infiltrasi militan Islam skala besar yang didukung oleh Pakistan ke Kashmir India.

1995: Selama Perang Yugoslavia, tentara Serbia-Bosnia menyerbu kota Srebrenica, meskipun tempat itu seharusnya menjadi “safe haven” yang dilindungi oleh pasukan penjaga perdamaian PBB; selama beberapa hari berikutnya mereka membantai sebanyak 8.000 pria dan anak laki-laki Muslim dan mengubur jasad mereka dalam kuburan massal di sana.

1979: Stasiun ruang angkasa AS, Skylab, yang telah ditinggalkan pada tahun 1974, masuk kembali ke atmosfer bumi dan hancur, puing-puingnya jatuh di Samudra Hindia dan wilayah tak berpenghuni di Australia.

1960: Moise Kapenda Tshombe mengumumkan pemisahan diri dari provinsi Katanga dari Republik Demokrasi Kongo yang baru merdeka, melepaskan ketegangan dari krisis Kongo.

1905: Gerakan Niagara didirikan di Air Terjun Niagara, Ontario, oleh sekelompok intelektual Amerika keturunan Afrika yang dipimpin oleh W.E.B Du Bois; organisasi ini, yang menyerukan untuk segera mengakhiri semua praktik diskriminasi terhadap orang kulit hitam, adalah pendahulu dari Asosiasi Nasional untuk Kemajuan Orang Kulit Berwarna (NAACP).

1882: Pasukan Inggris membombardir kota Iskandariyah, Mesir, untuk menekan pemberontakan kelompok nasionalis; itu adalah awal dari pendudukan kota Iskandariyah dan pembentukan protektorat atas Mesir yang berlangsung sampai tahun 1922.

Komentar Anda