Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 10 Juli

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 10 Juli:

Kilas Balik Juli

1985: Rainbow Warrior, kapal milik kelompok pecinta lingkungan Greenpeace, yang sedang dalam perjalanan untuk memprotes uji coba nuklir Perancis di Pasifik ditenggelamkan oleh agen-agen pemerintah Perancis di Auckland, Selandia Baru.

1973: Bahama menjadi sepenuhnya merdeka dari Inggris setelah 300 tahun pemerintahan kolonial.

1962: Satelit Telstar pertama diluncurkan dari Cape Canaveral, dan mentransmisikan gambar televisi langsung pertama dari Amerika Serikat ke Eropa.

1940: Majelis Nasional Perancis memilih untuk memberikan kekuasaan darurat pada Perdana Menteri Henri Philippe Pétain, sehingga meresmikan pemerintah kolaborator Vichy, yang memerintah bagian dari Perancis yang tidak berada di bawah pendudukan Jerman langsung sampai pembebasan pada tahun 1944.

1919: Presiden AS, Woodrow Wilson, secara pribadi menyampaikan Perjanjian Versailles (produk dari Konferensi Perdamaian Paris) ke Senat AS untuk diratifikasi; namun usahanya itu ditolak.

1913: Suhu di Greenland Ranch di Death Valley (California) melonjak sampai 56,7 °C, sebuah rekor dunia yang tinggi.

1893: Dokter bedah Amerika keturunan Afrika, Daniel Hale Williams, melakukan operasi jantung terbuka pertama yang sukses, ia berhasil melakukan operasi untuk memperbaiki robekan pada perikardium seorang pria di Provident Hospital and Medical Center di Chicago.

1553: Lady Jane Grey diangkat menjadi ratu Inggris oleh ayah mertuanya, Duke of Northumberland, yang berharap untuk mempertahankan suksesi Protestan dan kekuasaannya sendiri; sembilan hari kemudian, pewaris sah, Mary I, mengambil alih tahta itu.

Komentar Anda