Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 4 Juli

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 4 Juli:

Kilas Balik Juli

Setiap tahun: Amerika Serikat merayakan hari paling penting, Hari Kemerdekaan (Independence Day), yang menandai ulang tahun pengadopsian Deklarasi Kemerdekaan oleh Kongres Kontinental Kedua.

1976: Pasukan Israel mengadakan penyelamatan terhadap lebih dari 200 penumpang pesawat yang dibajak di bandara Entebbe di Uganda.

1946: Amerika Serikat mengakui kemerdekaan penuh Filipina, dan Manuel Roxas y Acuna diangkat menjadi presiden.

1910: Juara tinju dunia kelas berat, Jack Johnson,bertarung melawan mantan juara Jim Jeffries dalam pertarungan di Reno, Nevada, di mana orang kulit putih Amerika berharap Jeffries (dalam kata-kata Jack London) akan mampu “menghapus senyum dari wajah Jackson”; sebaliknya si kulit hitam Johnson berhasil mengalahkan Jeffries, suatu peristiwa yang memicu kerusuhan rasial di mana 26 orang tewas.

1826: John Adams dan Thomas Jefferson, dua founding fathers Amerika, meninggal di rumah mereka masing-masing di Massachusetts dan Virginia, pada peringatan 50 tahun Deklarasi Kemerdekaan.

1802: Akademi Militer Amerika Serikat, di West Point, NY, resmi dibuka.

1776: The Declaration of Independence, sebuah pernyataan prinsip-prinsip pendirian republik Amerika yang ditulis terutama oleh Thomas Jefferson, disetujui oleh Kongres Kontinental.

1054: Sebuah supernova (ledakan bintang) diamati di konstelasi Taurus oleh astronom China; sisa-sisanya disebut Nebula Kepiting.

Komentar Anda