Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 3 Juli

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 3 Juli:

Kilas Balik Juli

2013: Mohamed Morsy, presiden pertama Mesir yang terpilih secara demokratis pada tahun 2012, digulingkan.

1971: Jim Morrison dari The Doors meninggal di Paris; grup rock itu tidak bertahan lama, tapi pengaruhnya berlanjut hingga saat ini.

1962: Presiden Perancis, Charles de Gaulle, secara resmi memproklamasikan kemerdekaan Aljazair.

1898: Selama Perang Spanyol-Amerika, armada Spanyol di bawah Laksamana Pasqual Cervera mencoba untuk melarikan diri dari blokade Amerika di Santiago de Cuba; senjata dari kapal-kapal AS pimpinan Laksamana William T. Sampson dan Commodore Winfield Scott Schley menenggelamkan sebagian besar kapal-kapal Spanyol dalam waktu kurang dari empat jam.

1866: Prusia mengalahkan Austria dalam Pertempuran Königgrätz (Sadowa), dan Perang Tujuh Minggu berakhir segera setelah itu, menjadikan Prussia kekuatan unggul di Jerman.

1863: Jenderal Konfederasi, George E. Pickett, memimpin pasukan yang putus asa di Cemetery Ridge pada hari terakhir Pertempuran Gettysburg; serangan itu dipukul mundur oleh pasukan Union, dan pertempuran berakhir dengan kemenangan menentukan bagi Utara.

1775: George Washington mengambil alih komando pasukan Amerika di sekitar Boston yang diduduki Inggris selama Revolusi Amerika; ia mengabdikan beberapa bulan ke depan untuk melatih 14.000 orang tentara yang tidak disiplin dan mencoba untuk mengamankan bubuk mesiu dan perlengkapan lainnya yang sangat dibutuhkan.

1608: Samuel de Champlain mendirikan benteng dan pos perdagangan yang kelak menjadi Quebec, kota tertua di Kanada, yang kemudian disebut New France.

Komentar Anda