Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 1 Juli

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 1 Juli:

Kilas Balik Juli

2006: Kereta api tertinggi di dunia, yang menghubungkan Lhasa, ibukota Tibet, dengan grid nasional China untuk pertama kalinya dibuka untuk umum.

2004: Saddam Hussein dan 11 dari pembantu utamanya tampil di hadapan pengadilan khusus Irak untuk mendengar dakwaan atas tuduhan kejahatan perang dan genosida pada mereka; Hussein membantah legitimasi pengadilan dan menyatakan bahwa ia masih presiden Irak yang sah.

1997: Bekas jajahan Inggris, Hong Kong, dikembalikan ke pemerintahan China sebagai daerah administrasi khusus.

1962: Burundi dan Rwanda, sebelumnya menjadi satu dalam protektorat Belgia, Ruanda-Urundi, mencapai kemerdekaan sebagai negara yang terpisah.

1944: Bretton Woods Conference diselenggarakan di Bretton Woods, New Hampshire, di mana delegasi dari 44 negara meletakkan dasar-dasar sistem moneter internasional pasca perang, termasuk rencana untuk Bank Dunia dan Dana Moneter Internasional.

1916: Setelah melakukan serangan artileri selama seminggu, Sekutu memulai serangan mereka di garis Jerman yang dibentengi ketat di sepanjang Somme di bagian depan barat pada Perang Dunia I; Inggris menderita 60.000 korban, 19.000 di antaranya tewas, menjadi jumlah tewas terbesar dalam satu hari sepanjang sejarah militer Inggris.

1867: British North America Act mulai berlaku, melahirkan Konfederasi Kanada; hari ini diperingati sebagai Hari Kanada.

Komentar Anda