Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 30 Juni

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 30 Juni:

Kilas Balik Juni

2004: Pesawat ruang angkasa Cassini, diluncurkan pada tahun 1997, mencapai tujuannya, Saturnus, dan segera mulai mengirimkan kembali foto yang jelas dari planet ini dan cincinnya.

2001: Satelit ruang angkasa WMAP berhasil diluncurkan dari Kennedy Space Center di Cape Canaveral, Florida; misinya adalah untuk memperoleh montase penuh tentang fluktuasi suhu dari Radiasi Latar Kosmik Gelombang Radio (Cosmic Microwave Background/CMB), dan dalam beberapa bulan telah menghasilkan bukti baru tentang sejarah awal alam semesta.

1971: Dalam perjalanan kembali ke bumi dari stasiun ruang angkasa Salyut 1, awak Soyuz 11 -kosmonot Georgy Dobrovolsky, Viktor Patsayev, dan Vladislav Volkov- semuanya tewas ketika katup penyetara tekanan pesawat ruang angkasa mereka tersentak terbuka; ketiga orang itu meninggal dunia karena sesak napas.

1960: Mantan jajahan Belgia, Kongo, mencapai kemerdekaannya sebagai Republik Kongo.

1936: Novel legendaris Margaret Mitchell, Gone With the Wind, diterbitkan; buku ini memenangkan Hadiah Pulitzer pada tahun berikutnya dan menginspirasi film yang sangat populer dengan judul sama.

1934: Pada peristiwa Malam Pisau Panjang, Ernst Roehm, puluhan pemimpin lainnya dari kelompok paramiliter Nazi SA (Sturmabteilung, “Pasukan Badai”, juga disebut “Kemeja Coklat”), dan tokoh terpilih lainnya dibunuh atas perintah Adolf Hitler; “pembersihan darah” ini membuka jalan bagi munculnya SS Nazi Jerman.

1913: Perang Balkan Kedua dimulai ketika Bulgaria menyerang Serbia dan Yunani.

1908: Pada pukul 07:14, sebuah ledakan misterius (setara kekuatan bom hidrogen 30 megaton) terjadi di atas Sungai Tunguska di Siberia dan meratakan hutan yang sangat luas. Penyebab ledakan sampai kini masih misterius.

1520: Pemberontakan Aztec memaksa Spanyol untuk menarik diri dari Tenochtitl├ín; mereka mengalami kerugian yang serius, yang disebut noche triste (“malam yang menyedihkan”).

Komentar Anda