Sistem Pendidikan di Negara Rusia

Pemerintah Rusia mengendalikan sistem pendidikan dan menganggap pendidikan sebagai alat utama untuk mencapai kemajuan sosial. Akibatnya, hampir semua orang Rusia dapat membaca dan menulis. Saat ini, pendidikan publik di Rusia tetap bebas bagi semua warga negara.

Sekolah di Rusia

Sekolah swasta baru juga terbuka untuk umum. Pemerintah Soviet dulu melarang sekolah-sekolah semacam itu. Pendidik Rusia mengubah kurikulum sekolah untuk mempersiapkan siswa menghadapi tantangan ekonomi baru. Mereka juga berusaha untuk memenuhi kebutuhan kelompok kebangsaan Rusia.

Semua anak bersekolah selama 11 tahun, dari usia 6 sampai 17 tahun. Pendidikan dasar meliputi sekolah dasar dan menengah selama 9 tahun. Ketika seorang murid menyelesaikan kelas 9, mereka dapat memilih untuk meneruskan pendidikannya dengan mendaftar di sekolah menengah atau sekolah kejuruan. Sekolah menengah menekankan sains dan matematika, di samping juga mengajarkan bahasa, sastra, sejarah, ilmu sosial, dan pendidikan jasmani. Bahasa Inggris adalah bahasa asing yang paling banyak diajarkan. Sekolah-sekolah kejuruan mempersiapkan kaum pemuda untuk menitih karir sebagai teknisi atau bekerja dalam berbagai cabang industri dan pertanian.

Medali Sekolah Rusia
Medali sekolah Rusia

Dimulai dari sekolah menengah, siswa harus lulus ujian tahunan untuk naik ke kelas berikutnya. Siswa yang lulus ujian nasional sekolah menengah akan menerima sertifikat, dan mereka yang mendapat nilai baik bisa mendapatkan medali emas atau perak. Sekolah menggunakan skala penilaian dari angka 1 sampai angka 5, dengan angka 5 sebagai nilai tertinggi.

Banyak anak-anak berbakat mengenyam pendidikan di sekolah khusus. Sekolah-sekolah ini menekankan mata pelajaran individual seperti matematika atau fisika, bahasa, atau seni. Rusia juga memiliki sekolah untuk anak-anak yang memiliki kekurangan fisik atau mental.

Siswa harus lulus ujian masuk agar diterima di universitas atau lembaga pendidikan tinggi. Rusia memiliki ratusan lembaga pendidikan tinggi setara dengan perguruan tinggi dan universitas. Beberapa universitas penting di Rusia antara lain Lomonosov Moscow State University dan St. Petersburg State University.

Komentar Anda