Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 28 Juni

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 28 Juni:

Kilas Balik Juni

2004: Pemerintah sementara Irak secara resmi menerima kedaulatan, dan otoritas sementara pimpinan AS dibubarkan; meskipun perpindahan kekuasaan telah terjadi, sekitar 160.000 tentara koalisi AS dan sekutu tetap berada di Irak untuk melawan pemberontakan yang terus ada.

2001: Para pejabat Serbia mengizinkan ekstradisi Slobodan Milosevic ke Den Haag untuk diadili sebagai penjahat perang.

1971: Mahkamah Agung AS menolak keyakinan petinju Muhammad Ali yang tidak bersedia ikut wajib militer, karena MA menemukan fakta bahwa Ali mendasarkan penolakannya itu pada prinsip-prinsip Islam.

1950: Pasukan Korea Utara menguasai Seoul, ibukota Korea Selatan.

1919: Perjanjian Versailles ditandatangani pada Konferensi Perdamaian Paris; sesuai ketentuan-ketentuannya, Jerman yang kalah dipaksa untuk menerima tanggung jawab atas Perang Dunia I, untuk menyerahkan wilayah yang luas, melucuti senjata, memberikan wilayah Saarland dan Rhineland pada Sekutu, dan membayar ganti rugi yang berat.

1914: Archduke Austria, Franz Ferdinand, dibunuh oleh tokoh nasionalis Serbia, Gavrilo Princip, di Sarajevo, sebuah peristiwa yang memicu Perang Dunia I.

1838: Ratu Victoria dinobatkan sebagai Ratu Inggris di Westminster Abbey, London, mengawali masa pemerintahannya selama 62 tahun.

1778: The Battle of Monmouth, pertempuran ragu-ragu dalam Revolusi Amerika, meletus di dekat Monmouth Courthouse (sekarang Freehold), New Jersey; pertempuran ini menciptakan legenda Molly Pitcher yang membawa air untuk para prajurit Amerika.

Komentar Anda