Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 27 Juni

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 27 Juni:

Kilas Balik Juni

1977: Wilayah Afar dan Issas, yang telah menjadi milik Perancis sejak tahun 1884, merdeka dan menjadi negara Djibouti.

1969: Kerusuhan Stonewall terjadi di New York City, ketika pelanggan dari sebuah bar gay menolak razia dan melempari polisi dengan rentetan kaleng dan botol, memicu huru-hara umum; peristiwa ini membangkitkan gerakan aktivis gay modern.

1950: Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa meminta anggota PBB untuk membantu Korea Selatan, dan Presiden AS Harry Truman, tanpa deklarasi kongres perang, segera melibatkan pasukan AS ke dalam Perang Korea.

1944: Sekutu menguasai kota Cherbourg selama Perang Dunia II dan menjadikannya pelabuhan utama untuk transportasi pasukan dan perlengkapan.

1864: Jenderal Union William Tecumseh Sherman, maju menuju Atlanta, mengalahkan pasukan Konfederasi di bawahpimpinan Jenderal Joseph E. Johnston dalam Battle of Kennesaw Mountain di barat laut Georgia selama Perang Saudara AS berkecamuk.

1844: Joseph Smith, pendiri Gereja Yesus Kristus dari Orang-orang Suci Zaman Akhir (Mormon), dan saudaranya, Hyrum, ditembak dan dibunuh oleh massa di Carthage, Illinois.

1743: Selama Perang Suksesi Austria, Raja George II secara pribadi memimpin tentara Inggris dan Hanoverian pada Pertempuran Dettingen; ini adalah kali terakhir seorang raja Inggris muncul di medan perang.

Komentar Anda