Fakta-fakta Tentang Negara Finlandia

Finlandia adalah sebuah negara di Eropa Utara yang terkenal karena keindahannya. Ribuan danau indah mewarnai lanskap Finlandia, dan hutan lebat menutupi sekitar 65 persen wilayahnya. Negara ini memiliki pantai menjorok dalam dan panjang, ditandai dengan warna-warni batu granit merah dan abu-abu. Ribuan pulau-pulau indah berada di lepas pantai.

Negara Finlandia

Swedia terletak di sebelah barat, Norwegia utara terletak di utara, dan Rusia terletak di timur Finlandia. Teluk Finlandia dan Teluk Bothnia, dua perpanjangan dari Laut Baltik, berbatasan dengan Finlandia di selatan dan barat daya. Bagian Finlandia paling utara terletak di dalam Lingkaran Arktik di wilayah yang disebut Land of the Midnight Sun. Di wilayah ini, matahari bersinar 24 jam sehari untuk jangka waktu yang lama setiap musim panas. Helsinki, ibukota dan kota terbesar negara, di selatan di Teluk Finlandia.

Sebagian besar orang Finlandia tinggal di bagian selatan negara, di mana iklimnya paling ringan. Orang Finlandia mencintai alam dan seni. Mereka memiliki standar hidup yang tinggi dan menerima banyak manfaat kesejahteraan dari pemerintah. Banyak kekayaan Finlandia berasal dari hutan yang besar. Mereka membentuk dasar industri hasil hutan negara, yang meliputi perkayuan serta pembuatan kertas dan pulp.

Lokasi Finlandia yang terletak di antara Rusia di sebelah timur dan Swedia di sebelah barat memainkan peran penting dalam sejarah negara itu. Pada tahun 1000, Swedia dan Rusia memulai pertempuran untuk memperebutkan Finlandia. Swedia secara bertahap menguasainya di tahun 1100 dan 1200-an, tetapi konflik antara Swedia dan Rusia atas Finlandia berlangsung selama ratusan tahun.

Saat ini, bahasa Swedia tetap sama kedudukannya dengan bahasa Finlandia sebagai bahasa resmi Finlandia. Rusia menguasai negara itu dari tahun 1809 sampai 1917, ketika Finlandia mendeklarasikan kemerdekaannya. Bangsa ini menjadi republik dengan presiden dan parlemen. Selama Perang Dunia II (1939-1945), Finlandia terlibat dua perang dengan Uni Soviet, yang dibentuk di bawah kepemimpinan Rusia pada tahun 1922 dan terus ada sampai tahun 1991.

Ibukota: Helsinki (dalam bahasa Swedia: Helsingfors).

Bahasa resmi: Finlandia dan Swedia.

Nama Resmi: Republik Finlandia (dalam bahasa Finlandia: Suomi)

Area: 338.432 km2, meliputi 33.522 km2 perairan darat. Jarak terjauh timur-barat, 515 km; utara-selatan, 1.030 km. Pantai, 2.353 km.

Elevasi: Tertinggi – Mount Haltia, 1.324 meter di atas permukaan laut. Terendah – permukaan laut.

Populasi: Perkiraan – 5.437.000; kepadatan 16 per km2; distribusi, 68% di perkotaan, 32% di pedesaan.

Produk utama: Pertanian – barley, daging sapi, susu, gandum, daging babi, kentang, unggas, gula bit, gandum. Kehutanan – birch, pinus, cemara. Manufaktur – elektronik, mesin, produk kertas, produk kayu. Pertambangan – tembaga, nikel, seng.

Lagu kebangsaan: “Maamme” (dalam bahasa Finlandia) atau “Vart Land” (dalam bahasa Swedia), yang berarti “Tanah kami.”

Mata uang: Euro. Seratus sen sama satu euro. Mata uang dasar lain, markka, ditarik dari peredaran pada tahun 2002.

Bentuk pemerintahan: Republik demokratis.

Iklim: Sejuk, dengan musim panas yang hangat dan musim dingin yang sangat dingin. Curah hujan lebih banyak di selatan. Cuaca lebih dingin di utara.

0 thoughts on “Fakta-fakta Tentang Negara Finlandia

  • 11/11/2014 at 10:18 am
    Permalink

    do’akan cepet kesana ya…
    termasuk salah satu kota impian…

    Reply

Komentar Anda