Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 26 Juni

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 26 Juni:

Kilas Balik Juni

2003: Mahkamah Agung AS membatalkan hukum Texas yang melarang sodomi sekaligus undang-undang serupa di 12 negara bagian lainnya; putusan itu, yang dianggap sebagai kemenangan besar bagi hak-hak gay, mengatakan bahwa homoseksual “berhak untuk menghormati kehidupan pribadi mereka.”

2000: Dr. Francis Collins dari National Center for Human Genome Research dan Dr. J. Craig Venter dari perusahaan swasta Celera bertemu dengan Presiden Bill Clinton untuk mengumumkan bahwa kedua kelompok telah secara independen mencapai “rancangan kerja” genom manusia, dengan antara 85% dan 90% urutan nukleotida DNA.

1963: Presiden John F. Kennedy mendeklarasikan diri di depan kerumunan besar di Berlin Barat, “Ich bin ein Berliner” (“I am a Berliner”).

1945: Piagam PBB secara resmi diadopsi oleh 50 negara bagian di San Francisco Conference.

1909: Victoria dan Albert Museum di London, salah satu museum seni rupa dan terapan terkemuka di dunia, dibuka oleh Raja Edward VII.

1794: Kemenangan Prancis atas Austria dalam pertempuran Perang Revolusi Perancis Fleurus (di masa kini-hari Belgia) membuka jalan bagi penaklukan Perancis atas Low Countries; selama pertempuran balon udara digunakan oleh Perancis untuk observasi dan arah artileri, menandai penggunaan balon udara pertama pada dunia militer.

1541: Francisco Pizarro, penakluk Spanyol yang menaklukkan Peru untuk Spanyol, dibunuh oleh pengikutnya sesama petualang, Diego de Almagro.

Komentar Anda