Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 23 Juni

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 23 Juni:

Kilas Balik Juni

1961: Antarctic Treaty diratifikasi oleh 12 negara yang berpartisipasi dalam International Geophysical Year in Antarctica; perjanjian ini menyatakan bahwa Antartika akan digunakan hanya untuk tujuan damai, mendukung kebebasan penyelidikan ilmiah, dan membekukan semua klaim teritorial sampai tinjauan tahun 1991.

1956: Gamal Abdel Nasser terpilih sebagai presiden Mesir; plebisit pada hari yang sama menyetujui konstitusi di mana Mesir menjadi negara sosialis Arab satu partai dan presidensial diperkuat.

1952: Dalam sebuah intensifikasi serangan udara di atas Korea Utara selama Perang Korea, pesawat PBB mengebom dan menghancurkan instalasi pembangkit listrik tenaga air utama di Sungai Yalu.

1868: Mesin tik praktis pertama dipatenkan oleh penemu Amerika Christopher Latham Sholes.

1812: Napoleon I meluncurkan invasi Rusia.

1757: Robert Clive mengalahkan nawab Benggala dalam Pertempuran Plassey, yang membawa negara bagian India yang penting jatuh di bawah kendali Inggris yang efektif.

1611: Setelah bertahan dalam musim dingin yang panjang di Arktik Kanada, pemberontak memaksa penjelajah Henry Hudson, anak remajanya, dan tujuh pelaut ke dalam perahu kecil dan berlayar ke Inggris dengan kapal Hudson, Discovery.

Komentar Anda