Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 21 Juni

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 21 Juni:

Kilas Balik Juni

1982: Persidangan John W. Hinckley atas penembakan Presiden AS Ronald Reagan dan tiga orang lainnya berakhir dengan vonis bebas dengan alasan ketidakwarasan.

1964: Tiga pejuang hak sipil -James Chaney, Andy Goodman, dan Michael Schwerner- menghilang di Philadelphia, Miss; mayat mereka kemudian ditemukan terkubur dalam dam, tetapi negara bagian tidak menuntut siapapun atas pembunuhan itu sampai tahun 2005, ketika Edgar Ray Killen (80 tahun), mantan pemimpin Ku Klux Klan, dihukum karena pembunuhan dalam kasus ini.

1945: Perlawanan Jepang di Okinawa berakhir, membuat pasukan AS memegang kendali penuh atas pulau itu; 12.520 tentara Amerika dan 110.000 tentara Jepang tewas dalam pertempuran tiga bulan selama Perang Dunia II ini.

1919: Di Scapa Flow, Kepulauan Orkney, 50 kapal di German High Seas Fleet, yang ditahan di sana sejak akhir Perang Dunia I, ditenggelamkan oleh kru Jerman mereka.

1788: Konstitusi Amerika Serikat mulai berlaku ketika New Hampshire menjadi negara ke-9 yang meratifikasinya.

1631: John Smith, yang membantu mendirikan koloni permanen Inggris di Amerika Utara di Jamestown, Virginia, meninggal dunia.

1633: Gereja Katolik Roma mengutuk Galileo Galilei, ilmuwan dan matematika terbesar Italia atas “kecurigaan keras ajaran sesat.”

Komentar Anda