Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 19 Juni

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 19 Juni:

Kilas Balik Juni

2002: Hamid Karzai dilantik sebagai presiden Afghanistan setelah mendapat suara sekitar 85% di Loya Jirga (dewan agung).

1953: Julius dan Ethel Rosenberg menjadi warga sipil AS pertama dieksekusi karena spionase.

1944: Pertempuran dua hari di Laut Filipina, pertempuran carrier terbesar dalam Perang Dunia II, dimulai; kemenangan AS atas Jepang begitu lengkap, pilot Amerika menyebutnya “The Great Marianas Turkey Shoot.”

1867: Maximilian, archduke Austria, yang oleh Napoleon III dari Perancis diusahakan untuk menjadi kaisar Meksiko, dieksekusi oleh regu tembak Meksiko dekat Queretaro setelah ditinggalkan oleh Perancis.

1864: U.S.S. Kearsarge bertempur dan menenggelamkan kapal penjelajah Konfederasi Alabama di lepas pantai Perancis; di bawah komando Raphael Semmes, Alabama telah menangkap 65 sampai 70 kapal dagang Union, menghancurkan sebagian besar darinya, selama Perang Saudara Amerika Serikat.

1816: Gubernur lokal dan 19 pemukim Red River Settlement Kanada dibantai di Seven Oaks oleh orang-orang dari North West Company, suatu tindakan yang memprovokasi Lord Selkirk, kepala Hudson’s Bay Company, untuk merebut Fort William, markas barat orang North West Company.

Komentar Anda