Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 18 Juni

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 18 Juni:

Kilas Balik Juni

1999: NATO dan Rusia mencapai kesepakatan tentang pengerahan pasukan Rusia di Kosovo yang tunduk pada komandan NATO lokal.

1983: Astronot Sally Ride menjadi wanita Amerika pertama yang terbang ke luar angkasa dengan pesawat ruang angkasa Space Shuttle Challenger.

1979: Presiden AS Jimmy Carter dan pemimpin Soviet Leonid Brezhnev menandatangani Strategic Arms Limitation Treaty kedua (SALT II); perjanjian tentang pengawasan senjata ini tidak pernah diratifikasi oleh Senat AS.

1948: Majelis Umum PBB mengadopsi Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia.

1940: Setelah melarikan diri ke London sebagai Marsekal P├ętain yang hendak menyerah kepada Jerman, Charles de Gaulle mengeluarkan banding bagi bangsa Prancis melalui radio untuk menolak melanjutkan perjuangan dalam Perang Dunia II; pada hari yang sama, Perdana Menteri Inggris Winston Churchill berbicara kepada House of Commons: “Jika Kerajaan dan Persemakmuran Inggris berjaya selama ribuan tahun, orang akan berkata: ‘Ini adalah waktu terbaik mereka.’ ”

1934: Undang-undang Reorganisasi Indian disahkan oleh Kongres di antara reformasi lain, yang melarang penjatahan tanah ulayat lebih lanjut kepada individu Indian, melakukan pembelian tanah tambahan untuk orang Indian, menciptakan dana bergulir kredit yang akan digunakan untuk usaha suku Indian, dan mendorong kelompok Indian untuk mengadopsi konstitusi tertulis yang diperuntukkan bagi pemerintah sendiri yang terbatas.

1815: Pasukan sekutu Eropa mengalahkan Napoleon I, Kaisar Perancis, pada Pertempuran Waterloo.

1812: Presiden AS James Madison menandatangani deklarasi perang -yang disahkan Kongres atas permintaannya- yang menandai awal Perang 1812 antara Amerika Serikat dan Inggris.

Komentar Anda