Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 17 Juni

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 17 Juni:

Kilas Balik Juni

1972: Polisi menangkap lima pencuri yang membobol kantor pusat Komite Nasional Demokrat di gedung Watergate di Washington, D.C., sebuah kejahatan yang menyebabkan pengunduran diri Presiden Richard M. Nixon.

1967: China menguji perangkat termonuklir pertamanya (bom hidrogen) di Lop Nor.

1953: Di negara Komunis Jerman Timur, sekitar 300.000 pekerja berdemonstrasi di kota-kota menyerukan demokrasi dan kondisi hidup yang lebih baik; pada akhir hari tentara Soviet dan polisi Jerman Timur mengusir mereka dari jalanan, membunuh beberapa darinya (diperkirakan berkisar antara 25-300 orang) dan menangkap para pemimpinnya.

1944: Islandia dinyatakan sebagai republik yang sepenuhnya independen.

1856: Partai Republik membuka konvensi politik pertama di Philadelphia yang menominasikan John C. Frémont sebagai calon presiden pertama.

1848: Revolusi Ceko 1848 berhasil ditumpas oleh pasukan Austria; Frantisek Palacky telah mengorganisir Kongres Pan-Slavia di Praha untuk menuntut kesetaraan dengan Jerman.

1789: The Third Estate of the States-General, yang bertindak atas mosi Emmanuel Joseph Sieyès, mengambil langkah revolusioner yang menyatakan diri sebagai Majelis Nasional; tindakan ini menandai awal dari Revolusi Perancis.

1775: Battle of Bunker Hill, yang sebenarnya berlangsung di Breed Hill, meletus di luar Boston antara pasukan Inggris di bawah Jenderal William Howe dan milisi New England di bawah Kolonel William Prescott dan Jenderal Israel Putnam; itu adalah salah satu pertemuran pertama dalam Revolusi Amerika.

Komentar Anda