Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 16 Juni

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 16 Juni:

Kilas Balik Juni

1963: Kosmonot Valentina Tereshkova menjadi wanita pertama yang terbang ke ruang angkasa ketika dia meluncur bersama pesawat ruang angkasa Vostok 6 untuk misi orbital yang berlangsung hampir tiga hari.

1961: Penari balet Rusia, Rudolf Nureyev, membelot ke barat saat mengunjungi Paris bersama Kirov Ballet.

1944: Sejarawan sosial Prancis yang berpengaruh, Marc Bloch, dieksekusi oleh Jerman saat bertugas di French Resistance selama Perang Dunia II.

1940: Selama Perang Dunia II, Paul Reynaud mengundurkan diri sebagai perdana menteri Perancis yang kalah untuk menghindari persetujuan gencatan senjata dengan Jerman; ia digantikan oleh Marsekal P├ętain, yang bersedia untuk menandatangani perdamaian, dan melakukannya pada hari berikutnya.

1894: Pierre de Coubertin menyelenggarakan konferensi olahraga internasional yang memunculkan ide untuk menghidupkan kembali Olimpiade.

1858: Dalam pidatonya di Springfield, Illinois, calon senator Partai Republik, Abraham Lincoln mengungkapkan pandangan bahwa bangsa akan menjadi all-slave (semua terdiri atas budak) atau all-free (semua terdiri atas orang merdeka) sebab menurutnya “Sebuah rumah yang terbagi sendiri tidak akan bisa berdiri.”

Komentar Anda