Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 15 Juni

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 15 Juni:

Kilas Balik Juni

2012: Nik Wallenda, cicit Karl Wallenda dari keluarga sirkus terkenal, menjadi orang pertama yang berjalan di atas tali di Niagara Falls.

1944: 20.000 pasukan Marinir AS menyerbu pulau Saipan di Pasifik pada Perang Dunia II.

1919: Penerbang Inggris J.W. Alcock dan Arthur Whitten Brown menyelesaikan penerbangan nonstop pertama melintasi Samudra Atlantik; mereka menyeberang dari Newfoundland ke Irlandia dengan waktu 16 jam, 27 menit.

1904: Kapal uap General Slocum, yang disewa untuk piknik Minggu oleh anggota gereja Lutheran Jerman New York City, terbakar dan tenggelam di East River, menewaskan 1.021 orang; itu adalah bencana paling mematikan dalam sejarah New York City setelah tragedi 11 September 2001.

1888: William II menggantikan ayahnya, Frederick III, sebagai kaisar Jerman; ia memimpin negaranya ke dalam Perang Dunia I.

1846: Perjanjian antara Amerika Serikat dan Inggris, Oregon Question, ditandatangani, yang mengatur batas antara Kanada dan Amerika Serikat di paralel ke-49.

1844: Charles Goodyear menerima hak paten AS atas karet vulkanisir yang ditemukannya di tahun sebelumnya.

1775: George Washington diangkat menjadi Panglima Angkatan Darat Kontinental; ia mendapat dukungan bulat dari Kongres Kontinental.

1215: Magna Carta, piagam kebebasan yang dituntut dari Raja Inggris John oleh pemberontakan baron, disahkan di Runnymede.

Komentar Anda