Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 13 Juni

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 13 Juni:

Kilas Balik Juni

2002: Pemerintahan Bush mengumumkan penarikan AS dari Antiballistic Missile Treaty, inti dari sistem kontrol senjata internasional sejak tahun 1972.

2000: Presiden Kim Dae Jung dari Korea Selatan dan Kim Jong Il dari Korea Utara bertemu di pertemuan puncak di Pyongyang; itu adalah pertemuan pertama kalinya antara kedua kepala negara Korea.

1983: Pesawat ruang angkasa Pioneer 10 menjadi objek buatan pertama yang secara artifisial meninggalkan tata surya; pesawat ini terus mengirim sinyal kembali ke bumi selama 20 tahun.

1971: New York Times mulai menerbitkan ekstrak Pentagon Papers, sebuah penelitian rahasia pemerintah yang mengkritik tajam kebijakan-kebijakan AS yang telah menyebabkan Perang Vietnam.

1967: Presiden AS Lyndon Johnson menominasikan Thurgood Marshall sebagai orang Amerika berdarah Afrika pertama yang duduk di Mahkamah Agung AS.

1966: Mahkamah Agung AS memutuskan dalam kasus Miranda v Arizona bahwa polisi harus menginformasikan pada tersangka hak-hak mereka.

1944: V-1, bom terbang pertama Jerman, diluncurkan ke London seminggu setelah Invasi Normandia dimulai; lebih dari 8.000 bom dikirim ke London selama Perang Dunia II.

1900: Selama Pemberontakan Boxer di Cina, kelompok Boxer mulai mengepung kedutaan asing di Beijing; pasukan internasional akhirnya mengakhiri pengepungan pada 14 Agustus 1900.

Komentar Anda