Apa Saja Keunggulan iOS Dibandingkan Android?

Dalam dunia smartphone, Apple bersaing ketat dengan Google. Jika Apple mengandalkan iOS sebagai operating systemnya, maka Google mengusung Android. Kedua platform raksasa ini benar-benar merajai dunia ponsel pintar. Namun sebenarnya, iOS lebih baik dari Android dalam beberapa hal. Apa saja keunggulannya? Berikut ulasannya.

Kelebihan iPhone Daripada Android

Kontrol atas hardware

Apple mengontrol sepenuhnya hardware iPhone mereka. Entah itu iPhone 1, 2, 3, 4, atau 5 mereka tahu persis apa prosesor, memori, layar, dan aplikasi yang bisa bekerja dengan versi iOS tertentu. Hal seperti ini tidak ada dalam Android.

Banyak kritik yang menyatakan bahwa prosesor di iPhone 4, 4S, 5 dan 5S dibuat oleh Samsung. Itu memang benar adanya. Tapi apa yang tidak diketahui orang adalah fakta bahwa Apple mengontrol semua aspek ponsel pintarnya. Apple tahu bahwa chip Samsung hanya bisa bekerja dengan versi OS serta memori tertentu.

Android adalah OS (Operating System) yang dipasang pada beberapa perangkat berbeda yang diproduksi oleh perusahaan yang juga berbeda. Samsung, HTC, Motorola, Sony, dan sebagainya semua menjual ponsel berbasis Android. Di sinilah terjadi fragmentasi di segala hal. Versi OS Android terbaru belum tentu bisa bekerja dengan perangkat tertentu. Ponsel ini dapat memiliki ukuran RAM, prosesor, dan kecepatan prosesor yang berbeda yang membuat ponsel yang lebih tua tidak mampu mengikuti update di OS Android.

Jika Apple tidak lagi bisa mendukung ponsel yang lebih tua, mereka tidak akan membuat OS tersebut tersedia pada perangkatnya, karena hal itu akan menjadi sia-sia. iOS hanya bisa bekerja pada iPhone. Artinya, jika Anda memiliki perangkat Android dan ingin mengupgrade ke OS terbaru, Anda bisa melakukannya. Namun, tidak ada jaminan bahwa OS itu akan bisa bekerja dengan baik pada prosesor dan memori ponsel Anda. Ini adalah masalah besar.

Dan apa yang terjadi ketika ponsel Anda mengupgrade OS-nya? Kadang-kadang ada yang rusak selama prosesnya. Meski memiliki nama-nama seperti ice cream sandwich, gingerbread,jelly bean, dan sebagainya, sulit untuk mengetahui versi apa yang sedang Anda jalankan. Sementara di iOS, Anda bisa tahu langsung lewat nomornya.

Karena Apple tahu betul tentang perangkat mereka dan karena mereka memiliki kontrol sepenuhnya pada hardware dan software mereka, ada sedikit fragmentasi bila dibandingkan dengan perangkat Android. Intinya, meski OS terbaru dirilis pada Android, tidak ada jaminan OS tersebut bisa bekerja dengan baik pada perangkat Anda.

Lag jarang terjadi

iOS bukan berarti bebas dari lag dan crash, namun jika dibandingkan dengan Android, iOS relatif lebih mulus performanya. Android kadang crash dan ngelag meski kita tidak melakukan apa-apa. Bahkan, terkadang Android memberi pesan peringatan force stop karena aplikasi yang Anda jalankan tiba-tiba terhenti. Bagi pemilik Android, hal itu pasti sudah tak asing lagi.

Aplikasi lebih berkualitas

Meski Android memiliki lebih banyak aplikasi di Play Store, namun secara kualitas, aplikasi milik iOS lebih berkualitas. Banyak aplikasi spam dan tiruan yang bermunculan di Play Store. Di samping itu, karena luasnya basis pengguna, developer papan atas cenderung lebih suka mendesain aplikasinya untuk iOS ketimbang Android. Beberapa aplikasi yang awalnya dikembangkan pada iOS jarang bisa diterjemahkan dengan baik saat dipajang di Play Store. Misalnya aplikasi Yelp, Facebook, FourSquare, dan Instagram yang memiliki user experience yang lebih baik di iOS ketimbang di Android.

Closed system lebih baik

Meski menurut banyak orang open source ala Android lebih baik, namun jika berbicara kualitas di atas kuantitas, closed systemlah yang terbaik. Dengan system open source, siapapun bisa membuat aplikasi, meski kebanyakan aplikasinya tergolong spam, imitasi, dan penuh iklan. Belum lagi ancaman berupa malware, virus, potensi hacking, dan sebagainya yang kerap merisaukan pengguna Android. Dengan closed system, hal-hal demikian tidak akan terjadi. Semua aplikasi yang ada di iTunes dijamin kualitasnya oleh Apple.

Device Firmware Update

Jika karena suatu hal ponsel Android Anda tereset, maka tidak ada jalan untuk mengembalikan semua data-data dan settingan yang hilang. Di iOS, Anda tak perlu khawatir, karena Apple membenamkan modus DFU (Device Firmware Update) di mana Anda bisa mengembalikan seluruh settingan iPhone. (Baca Cara Mengembalikan Data Yang Hilang di iPhone dan iPad)

Tak perlu Gmail

Untuk menggunakan semua fitur bawaan Android seperti Play Store, Anda perlu Gmail karena seluruh ekosistem Android bergantung sepenuhnya pada sinkronisasi di server awan. Namun, untuk menggunakan iOS, Anda sama sekali tak perlu membuat akun iCloud.

Lebih banyak aksesoris

iPhone memiliki lebih banyak aksesoris original seperti casing kulit, casing keras, casing lunak, casing neoprene, dudukan, charger, charger komputer, keyboard, stylus, dan sebagainya. Sementara untuk Android, tidak banyak aksesoris asli yang ditawarkan. Semua tergantung perusahaan yang mengeluarkan ponsel Android tersebut.

Komentar Anda